Graffiti 3D art
Graffiti (singular: Grafiti; jamak digunakan sebagai kata benda massa) adalah nama untuk gambar atau huruf tergores, tertulis, dicat atau ditandai dengan cara apapun pada properti. Graffiti adalah setiap jenis tanda-tanda umum yang mungkin muncul dalam bentuk tertulis sederhana kata-kata untuk menjelaskan lukisan dinding. Graffiti telah ada sejak zaman dulu, dengan contoh-contoh dating kembali ke Yunani Kuno dan Kekaisaran Romawi. Di zaman modern, spray paint, cat dan spidol normal telah menjadi bahan yang paling umum digunakan. Di kebanyakan negara, mengotori properti dengan grafiti tanpa persetujuan pemilik properti dianggap vandalisme, yang dihukum oleh hukum. Kadang-kadang grafiti yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan sosial dan politik. Untuk sebagian orang, ini adalah sebuah bentuk seni yang layak dipajang di galeri dan pameran; kepada orang lain itu hanyalah vandalisme. Grafiti sejak berevolusi menjadi sebuah keberadaan budaya pop bawah tanah yang sering berhubungan dengan musik hip hop dan b-boying menciptakan gaya hidup yang masih tersembunyi dari masyarakat umum. Graffiti digunakan sebagai sinyal geng untuk menandai wilayah atau untuk melayani sebagai indikator atau "tag" untuk geng-kegiatan terkait. Kontroversi yang mengelilingi grafiti terus menciptakan ketidaksepakatan di antara para pejabat kota / graffitists penegakan hukum dan mencari untuk menampilkan karya mereka di lokasi publik. Ada berbagai jenis dan gaya grafiti dan merupakan artform berkembang pesat yang nilainya sangat ditentang, karena dicerca oleh banyak pihak berwenang sementara juga tunduk pada perlindungan, kadang-kadang dalam yurisdiksi yang sama.
Etimologi
Grafiti dan grafiti berasal dari kata Italia graffiato ( "menggaruk"). "Graffiti" diterapkan dalam sejarah seni karya seni yang dihasilkan oleh menggaruk desain ke permukaan. Sebuah istilah terkait adalah "grafiti", yang melibatkan menggaruk melalui salah satu lapisan pigmen untuk mengungkapkan lain di bawahnya. Teknik ini terutama digunakan oleh tembikar yang akan Glaze dagangan mereka dan kemudian awal desain ke dalamnya. Pada zaman kuno grafiti itu diukir di dinding dengan benda tajam, walaupun kadang-kadang kapur atau batu bara yang digunakan. Infinitif Yunani γράφειν - graphein - yang berarti "untuk menulis", berasal dari akar yang sama.
Sejarah
Istilah grafiti dimaksud prasasti, gambar gambar, dll, ditemukan di dinding sepulchers atau reruntuhan kuno, seperti dalam Katakombe Roma atau di Pompeii. Penggunaan kata telah berevolusi untuk mengikutsertakan setiap diterapkan pada permukaan grafis dengan cara yang merupakan vandalisme.
Bentuk paling awal dari tanggal grafiti kembali sampai 30.000 SM dalam bentuk lukisan gua prasejarah dan pictographs menggunakan alat-alat seperti tulang hewan dan pigmen. Ilustrasi ini sering ditempatkan di lokasi upacara dan suci di dalam gua. Gambar yang digambar di dinding menunjukkan adegan binatang dan berburu satwa liar di sebagian besar keadaan. Bentuk grafiti ini tunduk pada ketidaksepakatan mempertimbangkan kemungkinan bahwa anggota masyarakat prasejarah mendukung penciptaan ilustrasi ini.
Satu-satunya sumber yang dikenal bahasa Safaitic, suatu bentuk proto-bahasa Arab, dari grafiti: prasasti tergores pada permukaan batu dan batu-batu di padang pasir basalt yang didominasi Suriah selatan, timur utara Yordania dan Arab Saudi. Safaitic berasal dari abad ke-1 SM sampai abad ke-4 Masehi.
Gaya modern grafiti
Contoh pertama yang diketahui tentang "gaya modern" grafiti bertahan di kota Yunani kuno Efesus (di zaman modern Turki). Panduan lokal mengatakan itu adalah sebuah iklan untuk prostitusi. Terletak dekat sebuah mosaik dan batu jalan, grafiti yang menunjukkan handprint yang samar-samar menyerupai hati, bersama jejak kaki dan nomor. Hal ini diyakini untuk menunjukkan bahwa sebuah bordil di dekatnya, dengan melambangkan handprint pembayaran.
Roma kuno berukir grafiti di tembok-tembok dan monumen, contoh-contoh yang juga bertahan hidup di Mesir. Grafiti di dunia klasik yang berbeda daripada membawa konotasi di masyarakat hari ini tentang konten. Grafiti kuno frase ditampilkan cinta deklarasi, retorika politik, dan kata-kata sederhana dibandingkan dengan pemikiran toady pesan populer sosial dan cita-cita politik. Letusan Vesuvius diawetkan grafiti di Pompeii, termasuk Latin kutukan, mantra, deklarasi cinta, abjad, slogan-slogan politik dan kutipan sastra terkenal, memberikan wawasan ke dalam kehidupan jalanan Romawi kuno. Salah satu prasasti memberikan alamat Novellia seorang wanita bernama Primigenia dari Nuceria, seorang pelacur, rupanya keindahan besar, jasa-jasa yang banyak permintaan. Lain menunjukkan sebuah lingga disertai dengan teks, 'mansueta Tene': "Tangani dengan hati-hati".
Bersejarah bentuk grafiti telah membantu memperoleh pemahaman ke dalam gaya hidup dan bahasa budaya masa lalu. Kesalahan dalam ejaan dan tata bahasa dalam grafiti ini menawarkan wawasan ke dalam tingkat melek huruf di masa Romawi dan memberikan petunjuk pada pengucapan lisan bahasa Latin. Contohnya adalah Cil IV, 7.838: Vettium Firmum / AED [ilem] quactiliar [ii] [sic] rog [ant]. Sini, "qu" dibaca "co." 83 potongan ditemukan di Cil grafiti IV, 4706-85 adalah bukti dari kemampuan untuk membaca dan menulis di tingkat masyarakat di mana keaksaraan mungkin tidak diharapkan. Grafiti muncul di peristyle yang sedang direnovasi pada saat letusan Vesuvius oleh arsitek Crescens. Grafiti yang ditinggalkan oleh mandor dan para pekerja. Bordil di Cil VII, 12, 18-20 berisi lebih dari 120 lembar grafiti, beberapa di antaranya adalah karya para pelacur dan klien mereka. The gladiator akademi di Cil IV, 4.397 dicoretkan dengan grafiti yang ditinggalkan oleh gladiator Celadus Crescens (Suspirium puellarum Celadus thraex: "Celadus yang Thrakian membuat gadis mendesah.")
Bukan hanya orang-orang Yunani dan Romawi yang menghasilkan grafiti: situs Maya Tikal di Guatemala juga berisi contoh-contoh kuno. Viking grafiti bertahan di Roma dan di Newgrange Mound di Irlandia, dan menggaruk Varangian nama-Nya (Halvdan) dalam lambang di pegangan tangga di Hagia Sophia di awal Constantinople.These bentuk grafiti telah memberi kontribusi pada pemahaman bahasa gaya hidup dan budaya masa lalu .
Ketika seniman Renaisans seperti Pinturicchio, Raphael, Michelangelo, Filippino Lippi Ghirlandaio atau turun ke dalam reruntuhan Nero Domus Aurea, mereka diukir atau dicat nama mereka dan kembali dengan gaya grottesche dekorasi. Ada juga contoh grafiti yang terjadi dalam sejarah Amerika, seperti Signature Rock, tengara nasional sepanjang Oregon Trail.
Kemudian, tentara Prancis diukir nama-nama mereka di monumen selama kampanye Napoleon dari Mesir pada tahun 1790-an. Lord Byron's bertahan pada salah satu kolom di Kuil Poseidon di Cape Sounion di Attica, Yunani.
Graffiti sering dilihat sebagai telah menjadi hip hop berkaitan dengan budaya dan banyak sekali gaya internasional yang berasal dari New York City Subway grafiti (lihat di bawah). Namun, ada banyak contoh lain dari grafiti terkenal abad ini. Graffiti telah lama muncul di gerbong boks kereta api dan kereta bawah tanah. Yang satu dengan sejarah terpanjang, dating kembali ke 1920-an dan berlanjut ke hari ini, adalah Texino. Selama Perang Dunia II dan selama beberapa dekade setelah itu, ungkapan "Kilroy ada di sini" disertai ilustrasi ini tersebar luas di seluruh dunia, karena penggunaannya oleh pasukan Amerika dan penyaringan ke dalam budaya populer Amerika. Tak lama setelah kematian Charlie Parker (dijuluki "Yardbird" atau "Burung"), graffiti mulai muncul di New York dengan kata-kata "Burung Lives". protes mahasiswa dan pemogokan umum Mei 1968 Paris dihiasi melihat revolusioner, anarkis, dan situationist slogan seperti perasaan bosan L'est contre-Révolutionnaire ( "Kebosanan adalah kontrarevolusi") dinyatakan dalam melukis grafiti, poster seni, dan seni stensil. Di Amerika Serikat pada saat politik lainnya frase (seperti "Free Kwik" tentang Black Panther Kwik Newton) menjadi populer secara singkat sebagai grafiti di daerah terbatas, hanya untuk dilupakan. Grafiti populer tahun 1970-an adalah legenda "Dick Nixon Sebelum Dia Dicks Anda," yang mencerminkan permusuhan budaya pemuda itu presiden AS.
Rock and roll grafiti adalah sub genre yang signifikan. Grafiti terkenal dari abad ke-20 adalah prasasti di kereta bawah tanah London membaca "Clapton adalah Tuhan". Ungkapan itu semprot dilukis oleh pengagum di dinding di sebuah stasiun bawah tanah Islington pada musim gugur 1967. Grafiti ditangkap dalam sebuah foto, di mana anjing itu kencing di dinding. Graffiti juga menjadi terkait dengan pendirian anti-awal gerakan punk rock pada 1970-an. Band-band seperti Black Flag dan Crass (dan pengikut-pengikutnya) dicap secara luas nama-nama mereka dan logo, sementara banyak punk klub malam, jongkok dan nongkrong yang terkenal grafiti mereka. Pada akhir tahun 1980-an terbalik gelas Martini yang merupakan tag untuk band punk Hilang Yayasan adalah yang paling rendah di mana-mana grafiti di Manhattan, dan ditiru oleh penggemar punk inti keras di seluruh Amerika Serikat dan Jerman Barat.
Di Amerika sekitar akhir 1960-an, graffiti digunakan sebagai bentuk ekspresi oleh aktivis politik, dan juga oleh geng-geng seperti Skulls Savage, La Familia, dan Savage Pengembara untuk menandai wilayah. Menjelang akhir 1960-an, tanda-tag-penulis grafiti Philadelphia roti jagung, Best Earl dan Topcat 126 mulai muncul. Roti jagung sering dikutip sebagai salah satu penulis paling awal grafiti modern. Sekitar 1970-71, pusat inovasi grafiti pindah ke New York City di mana penulis mengikuti di belakang Taki 183 dan 168 Tracy jalan mereka akan menambah jumlah nama panggilan mereka, "bom" kereta dengan pekerjaan mereka, dan membiarkan kereta bawah tanah mengambil itu-dan ketenaran mereka, apakah itu mengesankan, atau hanya merasuk, cukup-"semua kota". Gelembung huruf awalnya memegang kekuasaan di antara para penulis dari Bronx, meskipun rumit Tracy menulis 168 dijuluki "Wildstyle" akan datang untuk mendefinisikan seni. Trendsetter awal bergabung di tahun 70-an oleh seniman seperti Dondi, Zephyr dan Lady pink.
Graffiti adalah salah satu dari empat unsur utama dari kebudayaan hip hop (bersama dengan mengetuk, DJing, dan break dance). [19] Hubungan antara grafiti dan budaya hip hop muncul baik dari seniman grafiti awal mempraktekkan aspek-aspek lain hip hop, dan dipraktekkan di daerah-daerah di mana unsur-unsur lain hip hop sudah berkembang sebagai bentuk seni. Pada pertengahan tahun delapan puluhan, form akan bergerak dari jalan ke dunia seni. Jean-Michel Basquiat akan meninggalkan nya SAMO tag untuk galeri seni, dan bahkan seni jalanan koneksi ke hip-hop akan mengendur. Sesekali hip hop paeans untuk grafiti masih terdengar di seluruh sembilan puluhan, bagaimanapun, di trek seperti Artifacts ' "Salah Side of Da Trek" dan Perusahaan Arus's "Lune TNS".
Asal
Modernis awal tanggal grafiti dapat kembali ke kotak mobil di awal 1920-an namun gerakan graffiti terlihat dalam dunia kontemporer saat ini benar-benar berasal melalui pikiran aktivis politik dan anggota geng tahun 1960-an. The "perintis era" dari grafiti terjadi selama tahun 1969 sampai 1974. Periode waktu ini adalah masa perubahan dalam popularitas dan gaya. New York City menjadi hub baru (resmi Philadelphia, Pennsylvania) dari grafiti tag dan gambar. Grafiti seniman selama periode ini berusaha untuk menempatkan sebanyak mungkin tanda-tanda naik di sekitar kota. Ini adalah tujuan akhir dari pemaparan. Segera setelah migrasi dari Philadelphia ke NYC, kota yang dihasilkan salah satu seniman grafiti yang pertama untuk mendapatkan perhatian media di New York, Taki 183. 183 Taki adalah seorang pemuda dari Washington Heights, Manhattan yang bekerja sebagai utusan kaki. Tag-Nya adalah campuran dari namanya Demetrius (Demetraki), Taki, dan nomor jalan, 183. Menjadi utusan kaki, ia terus-menerus di kereta bawah tanah dan mulai memasang tag-nya di sepanjang perjalanan. Melahirkan tahun 1971 ini artikel di New York Times yang berjudul " 'Taki 183' menumbuhkan Pen Pal". Julio 204 juga dikreditkan sebagai penulis awal, meskipun tidak diakui pada saat di luar grafiti subkultur. Nama-nama terkenal lainnya dari waktu itu adalah: Tetap Tinggi 149, FASE 2, Stitch 1, Joe 182, SMP 161 dan Cay 161. Barbara 62 dan Eva 62 juga penting seniman grafiti awal di New York, dan merupakan wanita pertama menjadi terkenal untuk menulis grafiti.
Juga berlangsung selama era ini adalah gerakan dari luar kota di jalan-jalan ke kereta bawah tanah. Graffiti juga melihat benih-benih pertama kompetisi di sekitar waktu ini. Tujuan dari sebagian besar seniman saat ini adalah "bangun": memiliki banyak tag dan bom di tempat sebanyak mungkin. Seniman mulai masuk ke kereta bawah tanah meter untuk mencapai kereta sebanyak yang mereka bisa dengan risiko yang lebih rendah, lebih sering menciptakan karya seni yang rumit sepanjang sisi mobil kereta bawah tanah. Ini terjadi ketika tindakan pengeboman dikatakan secara resmi didirikan.
By 1971 tags mulai mengambil kaligrafi tanda tangan mereka penampilan karena, karena jumlah besar seniman, masing-masing seniman grafiti memerlukan cara untuk membedakan diri mereka sendiri. Selain dari tumbuh kompleksitas dan kreativitas, tag juga mulai tumbuh dalam ukuran dan skala - misalnya, banyak seniman sudah mulai meningkatkan ukuran huruf dan garis ketebalan, serta mencantumkan tag mereka. Hal ini melahirkan apa yang disebut 'karya' atau 'bagian' pada tahun 1972. Super Kool 223 dikreditkan sebagai yang pertama untuk melakukan potongan-potongan.
Penggunaan desain seperti bintik-bintik, crosshatches, dan catur menjadi semakin populer. Menggunakan cat semprot meningkat secara dramatis di sekitar kali ini sebagai seniman mulai memperluas pekerjaan mereka. "Top-to-bottom", karya-karya yang menjangkau seluruh tinggi mobil kereta bawah tanah, membuat penampilan pertama mereka di waktu ini juga. Keseluruhan kreativitas dan artistik pematangan periode ini tidak tidak diketahui oleh mainstream - Hugo Martinez mendirikan Amerika Graffiti Artists (UGA) pada tahun 1972. UGA terdiri dari banyak seniman grafiti atas waktu, dan bertujuan untuk menyajikan grafiti di sebuah galeri seni pengaturan. Pada tahun 1974, seniman grafiti mulai menggabungkan penggunaan pemandangan dan kartun karakter ke dalam pekerjaan. TF5 (The Fabulous Lima), adalah seorang kru yang dikenal rumit yang dirancang untuk seluruh mobil.
Pada pertengahan 1970-an waktu, paling standar telah ditetapkan dalam grafiti menulis dan budaya. Terberat "bom" dalam sejarah Amerika Serikat terjadi di periode ini, sebagian karena hambatan ekonomi di New York City, yang membatasi kemampuannya untuk memerangi bentuk seni ini dengan program-program penghapusan grafiti atau transit pemeliharaan. Juga selama waktu ini, "top-to-bottom" berevolusi untuk mengambil seluruh kereta bawah tanah mobil. Sebagian besar catatan-layak era ini terbukti pembentukan "membuang-up", yang lebih kompleks daripada sederhana "penandaan," tapi tidak rumit sebagai "bagian". Tidak lama setelah perkenalan mereka, melempar-up menyebabkan perlombaan untuk melihat siapa yang bisa melakukan jumlah terbesar melempar-up dalam waktu paling sedikit.
Grafiti menulis itu menjadi sangat kompetitif dan seniman berusaha untuk pergi "semua kota," atau memiliki nama-nama mereka dilihat di semua lima borough of NYC. Akhirnya, standar yang telah ditetapkan pada awal tahun 70-an mulai menjadi stagnan. Perubahan sikap ini membuat banyak seniman ke tahun 1980-an dengan sebuah keinginan untuk memperluas dan perubahan.
Modern grafiti di kereta
Akhir 1970-an dan awal 1980-an membawa gelombang baru kreativitas ke TKP. Sebagai pengaruh grafiti tumbuh luar Bronx, sebuah gerakan grafiti dimulai dengan dorongan Friendly Freddie. Fab 5 Freddy (Fred Brathwaite) adalah salah satu sosok grafiti populer saat ini, yang dimulai di Brooklyn "dinding-kelompok penulis." Dia mencatat bagaimana perbedaan dalam teknik semprot dan surat-surat antara Upper Manhattan dan Brooklyn mulai bergabung pada akhir 70-an: "keluar dari yang datang 'Wild Style'." [26] Fab 5 Freddy seringkali dianggap berjasa dengan membantu untuk menyebarkan pengaruh grafiti dan musik rap luar fondasi awal di Bronx, dan membuat link yang sebagian besar pusat kota putih adegan seni dan musik. Saat itu sekitar waktu ini bahwa dunia seni yang mapan mulai menjadi reseptif terhadap budaya grafiti untuk pertama kalinya sejak Hugo Martinez's Razor Gallery di awal 1970-an.
Itu juga, Namun, gelombang terakhir pengeboman sejati sebelum Transit Authority membuat grafiti pemberantasan prioritas. MTA (Metro Transit Authority) mulai memperbaiki pagar halaman, dan menghapus grafiti konsisten, berjuang melawan gelombang grafiti seniman. Dengan MTA memerangi para seniman dengan menghapus karya mereka sering membuat banyak seniman untuk berhenti karena frustrasi, karena pekerjaan mereka terus-menerus dibuang.
Penyebaran budaya grafiti
Pada tahun 1979, artis grafiti Lee Quinones dan Fab 5 Freddy diberi pembukaan galeri seni di Roma oleh Claudio agen Bruni. Bagi banyak di luar New York, itu adalah pertemuan pertama mereka dengan bentuk seni. Fab 5 Freddy persahabatan dengan Debbie Harry Blondie dipengaruhi tunggal "Kiamat" (Chrysalis, 1981), video yang menampilkan Jean-Michel Basquiat dari SAMO © Graffiti, dan menawarkan banyak pertama mereka melihat gambaran dari unsur-unsur grafiti dalam hip hop budaya. Lebih penting di sini adalah Ahearn Charlie's independen merilis film fiksi Wild Style (Wild Style, 1982), dan dokumenter PBS awal Style Wars (1983). Lagu-lagu hit seperti "The Message" dan "Planet Rock" dan video musik yang menyertai mereka (keduanya 1982) berkontribusi pada semakin meningkatnya minat di luar New York di semua aspek pinggul Perang hop.Style digambarkan tidak hanya terkenal seperti artis grafiti Skeme, Dondi , MinOne dan Zephyr, tetapi juga diperkuat peran grafiti dalam muncul di New York budaya hip hop terkenal dengan menggabungkan break dance awal kelompok-kelompok seperti Rock Steady Crew dalam film yang juga memiliki fitur rap hanya soundtrack. Style Wars masih diakui sebagai film paling produktif representasi apa yang sedang terjadi di dalam budaya hip hop muda pada awal tahun 1980-an. [27] Fab 5 Freddy dan Futura 2000 mengambil hip hop grafiti ke Paris dan London sebagai bagian dari New York Rap City Tour pada tahun 1983. [28] Hollywood juga diperhatikan, konsultasi para penulis seperti FASE 2 seperti yang digambarkan budaya dan memberikannya eksposur internasional dalam film seperti "Beat Street (Orion, 1984).
Periode ini juga melihat munculnya grafiti stensil baru genre. Beberapa contoh pertama diciptakan ca 1981 oleh seniman grafiti Blek le Rat di Paris; pada tahun 1985 stensil telah muncul di kota-kota lain seperti New York City, Sydney dan Melbourne, di mana mereka didokumentasikan oleh fotografer Amerika dan Australia Charles Gatewood photograher Rennie Ellis.
Sama seperti budaya menyebar di luar New York dan di luar negeri, aspek budaya grafiti di New York dikatakan memburuk hampir sampai ke titik kepunahan. Penurunan yang cepat dalam menulis adalah karena beberapa faktor. Jalan-jalan menjadi lebih berbahaya karena adanya epidemi retak berkembang, undang-undang ini dilakukan untuk membuat hukuman untuk para seniman grafiti yang lebih berat, dan pembatasan penjualan cat dan ditampilkan membuat perlombaan (mencuri) bahan sulit. Atas segalanya, MTA sangat meningkatkan anggaran anti-grafiti. Banyak situs yang menjadi favorit lukisan yang dijaga ketat, pekarangan itu patroli, pagar yang lebih baru dan lebih baik didirikan, dan Buffing keping kuat, berat, dan konsisten. Sebagai hasil dari kereta bawah tanah yang lebih keras untuk melukis, lebih banyak penulis pergi ke jalan-jalan, yang sekarang, bersama dengan kotak komuter kereta dan mobil, yang paling lazim bentuk tulisan.
Banyak seniman grafiti Namun, memilih untuk melihat masalah-masalah baru sebagai tantangan bukan alasan untuk berhenti. Sebuah kerugian untuk tantangan ini adalah bahwa para seniman menjadi sangat teritorial menulis baik bintik-bintik, dan kekuatan dan kesatuan dalam jumlah menjadi semakin penting. Beberapa seniman grafiti mentionable dari era ini adalah Blade, Dondi, Min 1, Quik, Seen dan Skeme. Hal ini dinyatakan sebagai end untuk kereta bawah tanah NYC biasa grafiti seniman, dan tahun-tahun akan mengikuti hanya dihuni oleh beberapa orang menganggap apa yang paling "mati keras" seniman. Orang sering menemukan bahwa membuat grafiti di sekitar area lokal adalah cara mudah untuk tertangkap sehingga mereka melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang berbeda.
New York 1985-1989
Tahun-tahun antara 1985 dan 1989 menjadi dikenal sebagai "mati keras" era. Sebuah gambar terakhir bagi seniman grafiti kali ini adalah dalam bentuk mobil kereta bawah tanah diperuntukkan bagi halaman memo. Dengan peningkatan keamanan, kebudayaan telah mengambil langkah mundur. Rumit sebelumnya "pembakar" di bagian luar mobil sekarang diwarnai dengan spidol sederhana tag yang sering basah kuyup cat.
Pada pertengahan tahun 1986, MTA dan CTA menang mereka "perang terhadap grafiti," dan penduduk seniman grafiti aktif berkurang. Sebagai penduduk seniman diturunkan agar melakukan kekerasan yang berhubungan dengan grafiti awak dan "pengeboman." Atap juga sedang billboard baru untuk beberapa 80's penulis. Beberapa seniman grafiti terkenal era ini adalah Cope2, Claw Money, Sane Smith, Zephyr dan T Kid.
Zaman sekarang di grafiti dicirikan oleh mayoritas seniman grafiti bergerak dari gerbong kereta bawah tanah atau untuk "galeri jalanan." Kereta Bersih Gerakan dimulai pada Mei 1989, ketika New York berusaha untuk menghapus semua mobil kereta bawah tanah yang ditemukan dengan grafiti pada mereka keluar dari sistem transit. Karena ini, banyak seniman grafiti untuk menggunakan cara-cara baru untuk mengekspresikan diri. Banyak kontroversi muncul di antara jalan-jalan grafiti memperdebatkan apakah harus dianggap sebagai bentuk seni yang sebenarnya.
Sebelum Kereta Api Bersih Gerakan, jalan-jalan sebagian besar tidak disentuh hanya di New York, tapi di kota-kota besar lainnya Amerika juga. Setelah transit tekun perusahaan mulai membersihkan kereta api, grafiti menghambur ke jalan-jalan Amerika untuk mengharapkan sebuah un-un-menghargai publik.
Pejabat kota di tempat lain di negara sombong beranggapan bahwa grafiti geng terbatas merupakan penyakit sebagian besar ke Big Apple Tidak lebih. Smear yang bergaya dilahirkan di Bronx Selatan telah menyebar di seluruh negeri, meliputi bangunan, jembatan dan jalan raya di setiap pusat perkotaan. Dari Philadelphia ke Santa Barbara, Calif, biaya tahunan membersihkan setelah seniman bawah tanah menjulang ke miliaran.
Selama periode ini banyak seniman grafiti yang diambil untuk menampilkan karya-karya mereka di galeri dan memiliki studio mereka sendiri. Praktek ini dimulai pada awal 1980-an dengan artis seperti Jean-Michel Basquiat, yang mulai dari lokasi penandaan dengan tanda tangannya SAMO (Same Old Shit), dan Keith Haring, yang juga mampu membawa seni ke ruang studio.
Dalam beberapa kasus, seniman grafiti telah mencapai rumit seperti grafiti (terutama yang dilakukan untuk mengenang orang yang meninggal) di gerbang depan toko yang pemilik toko telah ragu-ragu untuk menutupi mereka. Di Bronx setelah kematian rapper Big Pun, beberapa mural hidupnya didedikasikan untuk dilakukan oleh BG183, Bio, Lebih enak lemak dalam sekejap muncul CRU; serupa outpourings terjadi setelah kematian dari The Notorious BIG, Tupac Shakur, Big L, dan Jam Master Jay.
Dengan popularitas dan legitimasi dari grafiti telah datang tingkat komersialisasi. Pada tahun 2001, raksasa komputer IBM meluncurkan kampanye iklan di Chicago dan San Francisco yang melibatkan orang-orang semprot lukisan di trotoar simbol perdamaian, jantung, dan seekor penguin (maskot Linux), untuk mewakili "Peace, Love, dan Linux." Namun karena ilegal beberapa "seniman jalanan" itu ditangkap dan didakwa dengan vandalisme, dan IBM didenda lebih dari US $ 120.000 untuk menghukum dan membersihkan biaya-biaya.
Pada tahun 2005, sebuah kampanye iklan yang sama diluncurkan oleh Sony dan dieksekusi oleh CRU lemak di New York, Chicago, Atlanta, Philadelphia, Los Angeles dan Miami untuk memasarkan sistem game handheld PSP. Dalam kampanye ini, memperhatikan masalah-masalah hukum dari kampanye IBM, Sony dibayarkan pemilik bangunan untuk hak cat pada bangunan mereka "koleksi pusing-mata bermain dengan anak-anak perkotaan PSP seakan skateboard, sebuah dayung atau kuda-kudaan.
Seiring dengan pertumbuhan komersial telah tiba munculnya video game juga menggambarkan grafiti, biasanya dalam aspek positif - misalnya, Jet Set Radio seri (2000-2003) bercerita tentang sekelompok remaja melawan penindasan polisi yang totaliter kekuatan yang mencoba untuk membatasi seniman grafiti 'kebebasan berbicara. Dalam plotlines mencerminkan reaksi negatif non-komersial komersialisasi seniman dari artform oleh perusahaan-perusahaan seperti IBM (dan, kemudian, Sony itu sendiri) yang Rakugaki Ōkoku seri (2003-2005) untuk Sony PlayStation 2 berkisar seputar pahlawan anonim dan ajaib dijiwai-dengan-kehidupan kreasi grafiti ketika mereka berjuang melawan raja yang jahat yang hanya memungkinkan untuk diproduksi seni yang dapat menguntungkan dirinya. Setelah akar asli grafiti modern sebagai kekuatan politik datang permainan lain judul, Marc Ecko's Getting Up: Contents Under Pressure (2006), menampilkan alur cerita yang melibatkan berperang melawan kota yang korup dan penindasan terhadap kebebasan berbicara, seperti di Jet Set radio seri.
Permainan lainnya yang mencakup fitur grafiti Bom Dunia (2004), grafiti simulasi online yang diciptakan oleh seniman grafiti Klark Kent di mana pengguna dapat virtual cat kereta api di 20 lokasi di seluruh dunia, dan Super Mario Sunshine (2002), di mana pahlawan, Mario harus bersih kota grafiti yang ditinggalkan oleh penjahat, Bowser Jr dalam plotline yang membangkitkan keberhasilan Anti-Graffiti Task Force dari Walikota New York Rudolph Giuliani (satu manifestasi dari "teori jendela pecah") atau orang-orang dari "Graffiti Blasters" Walikota Chicago Richard M. Daley.
Banyak non-coretan-sentris video game memungkinkan pemain untuk menghasilkan grafiti (seperti seri Half-Life, si Tony Hawk's series, The Urbz: Sims di Kota, Rolling dan Grand Theft Auto: San Andreas). Banyak judul-judul lain dalam game mengandung penggambaran grafiti (seperti The Darkness, Double Dragon 3: The Rosetta Stone, Nethack, Samurai Champloo: teralihkan, The World Ends With You, The Warriors, Just Cause, Portal, berbagai contoh Virtual Graffiti , dll). Sana juga ada sejumlah permainan di mana istilah "grafiti" digunakan sebagai sinonim untuk "menggambar" (seperti Yahoo! Graffiti, Graffiti, dll).
Marc Ecko, seorang desainer pakaian perkotaan, telah menjadi penganjur grafiti sebagai bentuk seni selama periode ini, menyatakan bahwa "Graffiti adalah tanpa mempertanyakan gerakan seni yang paling kuat dalam sejarah dan telah menjadi inspirasi mengemudi sepanjang karir saya.
Keith Haring lain terkenal seniman grafiti yang membawa Pop Art dan graffiti untuk mainstream komersial. Tahun 1980-an, Haring membuka telepon seluler pertama Shop: toko yang menawarkan semua akses ke karya-karyanya-yang sampai saat itu hanya dapat ditemukan spray-cat di tembok kota. Pop Shop menawarkan komoditas seperti tas dan t-shirt. Haring menjelaskan bahwa, "The Pop Toko membuat karya saya dapat diakses. Ini mengenai partisipasi pada tingkat yang besar, intinya adalah bahwa kami tidak ingin untuk menghasilkan hal-hal yang akan memurahkan seni. Dengan kata lain, ini masih seni sebagai pernyataan" .
Graffiti telah menjadi batu loncatan untuk Common banyak anggota baik komunitas seni dan desain di america utara dan luar negeri. Dalam Amerika Serikat Graffiti Artists seperti Mike Giant, Kejar, Rime, Nuh dan banyak orang lain telah membuat karier di skateboard, pakaian dan sepatu desain untuk perusahaan seperti DC Shoes, Adidas, Osiris atau Rebel8 Sekitar, Sementara itu ada banyak orang lain seperti DZINE, bingung, Blade, The Mac yang telah membuat beralih ke galeri seniman sering kali bahkan tidak menggunakan media awal mereka, spray paint.
Tapi mungkin contoh terbesar seniman grafiti infiltrasi budaya pop mainstream oleh kru Perancis, 123Klan. 123Klan didirikan sebagai kru grafiti pada tahun 1989 oleh Scien dan Klor, telah secara bertahap mengalihkan tangan untuk ilustrasi dan desain tetap mempertahankan grafiti mereka praktek dan gaya. Dengan berbuat demikian mereka telah dirancang dan diproduksi, logo dan ilustrasi, sepatu, dan fashion untuk orang seperti Nike, Adidas, Lamborghini, Coca Cola, Stussy, Sony, Nasdaq dan banyak lagi.
Puncak dari semua pengaruh ini dapat dilihat dengan jelas dalam memenuhi grafiti video game dan hip hop mash-up dari serial televisi yang diciptakan oleh Mic Neumann dikenal di seluruh dunia sebagai Kung Faux, yang mencicipi fitur potongan film kung fu klasik diresapi dengan grafiti ilustrasi, permainan video fx khusus, hip-hop musik, dan bahkan dijuluki overs suara dari grafiti seperti artis sebagai ESPO alias ESPO, KAWS, simpanan, & Futura 2000, dan juga legenda break dance Crazy Legs (penari), dan hip hop pionir Afrika Bambaataa, Biz Markie, & Queen Latifah.
Perkembangan global
Amerika Selatan
Artful grafiti di Olinda, Brasil
Ada tradisi grafiti yang signifikan di Amerika Selatan terutama di Brasil. Dalam Brazil, São Paulo umumnya dianggap sebagai pusat arus inspirasi bagi banyak seniman grafiti di seluruh dunia.
Brasil "membanggakan yang unik dan sangat kaya adegan grafiti ... penghasilan itu reputasi internasional sebagai tempat untuk mencari inspirasi artistik. Graffiti "berkembang dalam setiap ruang di kota-kota di Brazil. Artistik kesejajaran "sering ditarik antara energi São Paulo hari ini dan tahun 1970-an di New York. Yang "metropolitan yang luas, São Paulo telah "menjadi kuil baru untuk grafiti; Manco mengacu kepada "kemiskinan dan pengangguran ... dan epik perjuangan dan kondisi negara bangsa terpinggirkan, dan untuk" Brasil's kronis kemiskinan, sebagai mesin utama yang" telah memicu budaya grafiti yang bersemangat. Dalam istilah dunia, Brasil telah "salah satu yang paling tidak merata distribusi pendapatan. Undang-Undang dan pajak sering berubah. Faktor-faktor seperti, Manco berpendapat, berkontribusi pada masyarakat yang sangat fluida, terbelah dengan orang-orang divisi ekonomi dan ketegangan sosial yang mendukung dan memberi makan "folkloric vandalisme dan olahraga perkotaan untuk disenfranchised, bahwa adalah seni grafitti Amerika Selatan.
Grafiti di Timur Tengah perlahan-lahan muncul, dengan kantong-kantong taggers beroperasi di berbagai 'Emirat' dari Uni Emirat Arab, di Israel, dan di Iran. Utama koran Hamshahri Iran telah menerbitkan dua artikel tentang penulis ilegal di kota dengan foto liputan A1one Iran karya-karya seniman pada dinding Teheran. Berbasis di Tokyo majalah desain PingMag telah mewawancarai A1one dan menampilkan foto-foto karyanya. [48] Israel penghalang Tepi Barat telah menjadi sebuah situs untuk grafiti, yang mengingatkan dalam pengertian ini Tembok Berlin. Banyak seniman grafiti di Israel datang dari tempat-tempat lain di seluruh dunia, seperti Juif, dari Los Angeles, dan DEVIONE dari London. Referensi religius "נ נח נחמ נחמן מאומן" ( "Na Nach Nachma Nachman Meuman") adalah biasa terlihat graffitied sekitar Israel.
Metode dan produksi
Para seniman grafiti modern dapat ditemukan dengan gudang berbagai bahan yang memungkinkan untuk produksi yang berhasil sepotong [49]. Spray cat dalam kaleng aerosol adalah nomor satu keharusan untuk grafiti. Komoditi ini datang dari gaya yang berbeda, teknik, dan kemampuan untuk membentuk karya-karya master visual graffiti. Spray paint dapat ditemukan pada hardware dan toko seni dan datang di hampir setiap warna.
Stencil graffiti, yang berasal dari awal 1980-an, diciptakan dengan menggunting bentuk dan desain dalam bahan kaku (seperti kardus atau folder subjek) dalam rangka untuk membentuk sebuah desain atau gambar secara keseluruhan. The stensil tersebut kemudian diletakkan di atas kanvas dengan lembut dan dengan cepat, mudah stroke dari kaleng aerosol, gambar mulai muncul di permukaan yang dimaksud. Metode ini populer di kalangan grafiti seniman karena teknik cepat yang memerlukan sedikit waktu. Waktu selalu merupakan faktor dengan grafiti karena ancaman konstan tertangkap oleh penegak hukum.
Modern eksperimentasi
Seni grafiti modern sering menggabungkan seni dan teknologi tambahan. Sebagai contoh, Graffiti Research Lab telah mendorong penggunaan gambar diproyeksikan dan magnetik dioda pemancar cahaya sebagai media baru untuk penulis grafiti. Artis Italia regeneratif CASE sedang mengejar grafiti melalui percobaan dengan bentuk-bentuk abstrak dan modifikasi yang disengaja karya seni grafiti sebelumnya. Yarnbombing adalah bentuk baru lain grafiti. Kadang Yarnbombers sasaran grafiti untuk modifikasi sebelumnya.
Beberapa gaya yang paling umum dari grafiti memiliki nama mereka sendiri. Sebuah "tag" adalah yang paling dasar penulisan nama artis, itu hanyalah sebuah handstyle. Seorang penulis graffiti tag nya tanda tangan yang dipersonalisasi. Penandaan sering menjadi contoh yang diberikan ketika penentang grafiti merujuk kepada setiap tindakan handstyle tulisan grafiti (itu sejauh ini merupakan bentuk paling umum grafiti). Tags dapat halus dan kadang-kadang berisi pesan rahasia, dan mungkin memasukkan kru artis inisial atau surat-surat lain. Salah satu bentuk tag yang dikenal sebagai "pipis" adalah tindakan mengambil isi ulang pemadam api dan mengganti isi dalamnya dengan cat, memungkinkan tag setinggi sekitar 20 kaki. Membidik dan menjaga handstyle mantap dalam bentuk penandaan ini sangat sulit, biasanya akan keluar bergelombang dan ceroboh.
Bentuk lain adalah "membuang-up," juga dikenal sebagai "bom" yang biasanya dicat dengan sangat cepat dengan dua atau tiga warna, mengorbankan estetika untuk kecepatan. Lemparkan-up juga dapat diuraikan pada suatu permukaan dengan satu warna. Sebuah "potongan" yang lebih rumit adalah representasi dari nama artis, menggabungkan lebih bergaya surat, biasanya jauh lebih besar menggabungkan berbagai warna. Tentu saja ini lebih memakan waktu dan meningkatkan kemungkinan artis tertangkap. Sebuah "blockbuster" atau "roller" adalah sepotong besar, hampir selalu dilakukan di dalam gaya berbentuk blok, dilakukan hanya untuk menutupi area yang luas kokoh dengan dua warna kontras, kadang-kadang dengan seluruh tujuan memblokir penulis lain dari lukisan di dinding yang sama . Ini biasanya dicapai dengan cat diperpanjang rol dan galon cat eksterior murah.
Gaya yang lebih kompleks adalah "Wildstyle", suatu bentuk saling grafiti biasanya melibatkan huruf dan menghubungkan titik-titik. Potongan-potongan ini sering sulit untuk dibaca oleh non-seniman grafiti sebagai surat bergabung menjadi satu sama lain dalam cara yang sering undecipherable. Beberapa seniman juga menggunakan stiker sebagai cara cepat untuk menangkap up. Sementara kritik tertentu dari dalam kebudayaan grafiti mempertimbangkan malas ini, stiker bisa sangat rinci dalam hak mereka sendiri, dan sering digunakan bersama dengan bahan lainnya. Stiker tag yang umumnya dilakukan pada pos kosong stiker, karena ini dapat dengan mudah diperoleh tanpa biaya di bagian penulis.
Banyak seniman grafiti kompleks percaya bahwa melakukan potongan terlalu besar melibatkan investasi waktu untuk membenarkan praktik. Melakukan sepotong dapat mengambil (tergantung pada pengalaman dan ukuran) 30 menit untuk berbulan-bulan, seperti yang terjadi untuk Saber MSK ketika bekerja pada sepotong grafiti terbesar dunia di sungai LA. Artis grafiti lain dapat pergi atas sehelai dalam hitungan menit dengan sederhana muntah. Hal ini dicontohkan oleh penulis "CAP" di dokumenter Style Wars, yang, penulis lain mengeluh, reruntuhan potongan dengan cepat melempar up. Ini dikenal sebagai "pembatasan" dan sering dilakukan ketika ada "daging sapi", konflik antara penulis.
Teori tentang penggunaan grafiti oleh seniman avant-garde memiliki sejarah dating kembali setidaknya ke Scandinavian Institute of Comparative Vandalisme pada tahun 1961. Banyak analis kontemporer dan bahkan kritikus seni mulai melihat nilai seni di beberapa grafiti dan mengakui itu sebagai bentuk seni publik. Menurut banyak peneliti seni, khususnya di Belanda dan di Los Angeles, jenis seni publik, sebenarnya alat yang efektif emansipasi sosial atau dalam pencapaian tujuan politik.
Mural di Belfast dan Los Angeles menawarkan contoh lain dari pengakuan resmi. Di masa konflik, mural tersebut telah menawarkan alat komunikasi dan ekspresi diri bagi anggota secara sosial ini, etnis dan / atau masyarakat dibagi ras, dan telah membuktikan diri sebagai alat efektif dalam membangun dialog dan dengan demikian menangani perpecahan dalam jangka panjang. Tembok Berlin ini juga banyak mengulas oleh Graffiti mencerminkan tekanan sosial yang berkaitan dengan pemerintahan Soviet menindas atas GDR.
Pemanfaatan grafiti unik yang digunakan di sini sebagai metode mengekspresikan orientasi seksual. Montclair, California.
Banyak seniman yang terlibat dengan Graffiti juga prihatin dengan kegiatan serupa Stencilling. Pada dasarnya, ini memerlukan stensil cetak satu atau lebih warna menggunakan cat semprot. Diakui sementara memamerkan dan menerbitkan beberapa dari stensil dan lukisan berwarna yang menggambarkan konflik etnis di Sri Lanka dan perkotaan Britania pada awal 2000-an, seniman grafiti alias Mathangi Arulpragasam MIA juga telah menjadi dikenal untuk mengintegrasikan citra dirinya kekerasan politik ke musik video untuk single "Galang" dan "Bucky Done Gun," dan cover art. Stiker karya seni nya juga sering muncul di sekitar tempat-tempat seperti di Brick Lane London, menempel di tiang lampu dan rambu jalan, setelah dirinya menjadi sumber inspirasi bagi seniman grafiti lain / pelukis di kota-kota di seluruh dunia termasuk Sevilla. Graffiti artis Yohanes Fekner, yang disebut "caption penulis ke lingkungan perkotaan, Adman bagi oposisi" oleh penulis Lucy Lippard, terlibat dalam seni langsung intervensi dalam New York City membusuk lingkungan perkotaan di pertengahan tahun tujuh puluhan melalui delapan puluhan. Fekner dikenal karena penargetan kata instalasi isu-isu sosial dan politik, distensil pada bangunan di seluruh New York.
Anonymous seniman
Grafiti seniman terus memiliki ancaman menjulang menghadapi konsekuensi untuk menampilkan grafiti mereka. Banyak memilih untuk melindungi identitas dan reputasi mereka dengan tetap anonim. Banksy adalah salah satu dunia yang paling terkenal dan populer artis jalanan yang terus tetap tak berwajah di masyarakat hari ini. Dia dikenal karena politiknya, anti-perang seni stensil terutama di Bristol, Inggris namun karyanya dapat dilihat di mana saja dari Los Angeles ke Palestina. Di Inggris, Banksy adalah ikon yang paling dikenal bagi gerakan seni budaya ini dan menjaga rahasia identitasnya untuk menghindari penangkapan. Sebagian besar karya Banksy yang dapat dilihat di sekitar jalan-jalan di pinggiran kota London dan sekitarnya, meskipun dia telah melukis gambar-gambar di seluruh dunia, termasuk Timur Tengah, di mana ia telah melukis Israel yang kontroversial di Tepi Barat penghalang dengan gambar satir kehidupan di sisi lain. Satu menggambarkan sebuah lubang di dinding dengan pantai yang indah, sementara yang lain menunjukkan pemandangan gunung di sisi lain. Sejumlah pameran juga telah terjadi sejak tahun 2000, dan karya seni baru-baru ini telah mengambil sejumlah besar uang. Seni Banksy adalah contoh utama dari kontroversi klasik: vandalisme vs seni. Seni pendukung mendukung karyanya didistribusikan di daerah perkotaan sebagai karya seni, sementara pejabat kota dan penegakan hukum telah dianggap semua karya Banksy menjadi vandalisme dan pengrusakan properti. Banyak anggota masyarakat Bristol merasa bahwa grafitti Banksy itu mengurangi nilai properti dan mendorong perilaku jahat.
Pixnit artis lain yang memilih untuk menjaga identitas dari masyarakat umum [56]. Karyanya berfokus pada keindahan dan aspek desain grafiti Banksy sebagai lawan pemerintah anti-nilai kejutan. Lukisannya sering dari desain bunga di atas toko-toko di daerah perkotaan lokal Cambridge, Massachusetts. Beberapa pemilik toko mendukung pekerjaannya dan mendorong orang lain untuk melakukannya juga. "Salah satu dari potongan-potongan yang tersisa di atas Steve's Kitchen, karena terlihat cantik luar biasa" - Erin Scott, manajer di New England Komik Allston.
Radikal dan politik
Graffiti sering memiliki reputasi sebagai bagian dari subkultur yang memberontak terhadap otoritas, meskipun pertimbangan dari praktisi sering kali merupakan kepanjangan dan dapat berhubungan dengan berbagai sikap. Dapat mengungkapkan praktik politik dan dapat membentuk satu alat dalam array teknik perlawanan. Salah satu contoh awal termasuk anarko-punk band Crass, yang melakukan kampanye anti-perang stensil, anarkis, feminis dan anti-konsumeris pesan di London Underground sistem selama akhir 1970-an dan awal 1980-an.
Grafiti di Amsterdam adalah bagian utama dari punk. Kota itu ditutupi dengan nama sebagai 'De Zoot', 'Vendex' dan 'Dr Tikus'. [58] [59] Untuk mendokumentasikan grafiti majalah punk dimulai disebut Galeri Anus. Jadi, ketika hip hop datang ke Eropa pada awal 1980-an sudah ada adalah budaya grafiti yang bersemangat.
Protes mahasiswa dan pemogokan umum Mei 1968 Paris dihiasi melihat revolusioner, anarkis, dan situationist slogan seperti perasaan bosan L'est contre-Révolutionnaire ( "Kebosanan adalah kontrarevolusi") dan Lisez moins, vivez ditambah ( "Baca lebih sedikit, hidup lebih" ). Meskipun tidak lengkap, grafiti yang memberi rasa dan memberontak yang millenarian semangat, marah dengan banyak kecerdasan verbal, dari pemogok.
"Saya kira grafiti menulis adalah salah satu cara untuk mendefinisikan apa generasi kita adalah seperti. Maafkan perancis, kita bukan segerombolan seniman. Secara tradisional seniman telah dianggap lunak dan lembut orang, sedikit kooky. Mungkin kita sedikit lebih mirip bajak laut seperti itu. Kami mempertahankan wilayah kita, apa pun ruang yang kita mencuri untuk melukis, kita mati-matian mempertahankannya.
Perkembangan seni grafiti yang terjadi di galeri seni dan perguruan tinggi serta "di jalan" atau "bawah tanah", berkontribusi pada pelapisan kembali pada 1990-an yang jauh lebih terang-terangan bentuk seni politik di subvertising, budaya nge-jam atau media taktis gerakan. Gerakan atau gaya ini cenderung untuk mengelompokkan para seniman dengan hubungan mereka dengan mereka konteks sosial dan ekonomi, karena, di kebanyakan negara, seni grafiti tetap ilegal dalam berbagai bentuk, kecuali bila menggunakan cat non-permanen. Sejak 1990-an semakin banyak artis yang beralih ke cat non-permanen karena berbagai alasan-tapi terutama karena itu sulit bagi polisi untuk menangkap dan pengadilan untuk kalimat atau bahkan menghukum seseorang untuk protes yaitu sebagai sekilas dan kurang intrusif dari berbaris di jalan-jalan. Di beberapa komunitas, seperti karya-karya kekal bertahan lebih lama dari karya-karya yang dibuat dengan cat permanen karena pandangan masyarakat yang bekerja di jalur yang sama seperti yang dilakukan oleh pengunjuk rasa sipil yang berbaris di jalan-protes semacam itu adalah kekal tapi tetap efektif.
Di beberapa daerah di mana sejumlah artis berbagi kefanaan yang ideal, ada persaingan tumbuh informal. Artinya, lamanya waktu yang luput dari kehancuran suatu karya berkaitan dengan jumlah pekerjaan garners menghormati dalam masyarakat. Sebuah kasar sedikit pekerjaan yang layak selalu menghormati akan segera dihapus. Artis yang paling berbakat mungkin telah bekerja selama berhari-hari terakhir.
Seniman objek utamanya adalah untuk menegaskan kendali atas properti-dan tidak terutama untuk menciptakan sebuah karya seni ekspresif, politik atau tidak-menolak beralih ke cat kekal.
Kontemporer praktisi, sesuai, telah bervariasi dan sering bertentangan praktek. Beberapa individu, seperti Alexander Brener, telah menggunakan media untuk mempolitisir bentuk seni lain, dan telah menggunakan kalimat penjara dipaksa ke mereka sebagai sarana protes lebih lanjut.
Anonim praktek-praktek kelompok-kelompok dan individu juga sangat bervariasi, dan praktisi tidak berarti selalu setuju dengan setiap orang lain 'praktik. Anti-kapitalis kelompok seni Space pembajak, misalnya, tidak sepotong tahun 2004 tentang kontradiksi antara unsur-unsur kapitalistik Banksy dan menggunakan citra politik.
Di atas aspek politik grafiti sebagai sebuah gerakan, kelompok politik dan individu juga dapat menggunakan grafiti sebagai alat untuk menyebarkan sudut pandang mereka. Praktek ini, karena dengan melawan hukum, umumnya menjadi disukai oleh kelompok-kelompok yang dikecualikan dari arus utama politik (misalnya jauh-kiri atau kanan jauh-kelompok) yang membenarkan aktivitas mereka dengan menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki uang - atau kadang-kadang keinginan untuk membeli iklan untuk menyampaikan pesan mereka, dan bahwa "kelas penguasa" atau "pendirian" mengontrol arus utama pers, sistematis termasuk radikal / sudut pandang alternatif. Grafiti jenis ini bisa tampak kasar misalnya pendukung fasis sering tulisan Nazi swastika dan lain gambar.
Salah satu bentuk inovatif grafiti yang muncul di Inggris pada 1970-an disusun oleh Front Pembebasan Uang (MLF), pada dasarnya afiliasi yang longgar penulis pers bawah tanah seperti penyair dan dramawan Heathcote Williams dan editor majalah dan dramawan Jay Jeff Jones. Mereka memulai penggunaan mata uang kertas sebagai medium untuk kontra-propaganda, overprinting uang kertas, biasanya dengan mengatur John Bull pencetakan. Meskipun hidup pendek yang MLF adalah wakil dari London Ladbroke Grove berpusat alternatif dan komunitas sastra periode. Kawasan itu juga adegan yang cukup anti kemapanan dan humoris grafiti jalanan banyak yang juga diproduksi oleh Williams.
Kedua sisi konflik di Irlandia Utara menghasilkan grafiti politik. Seperti halnya slogan, Irlandia Utara grafiti politik termasuk lukisan dinding yang besar, yang disebut sebagai mural. Seiring dengan pengibaran bendera dan lukisan batu tepi jalan, mural melayani tujuan teritorial, sering dikaitkan dengan penggunaan geng. Seniman cat rumah mereka sebagian besar di Gables atau pada Perdamaian Lines, tembok-tembok tinggi yang memisahkan komunitas yang berbeda. Mural sering berkembang selama jangka dan cenderung untuk penyesuaian dgn mode, dengan simbolis yang kuat atau konten ikonografi. Loyalis mural sering merujuk kepada peristiwa-peristiwa sejarah yang berasal dari perang antara James II dan William III pada akhir abad ke-17, sedangkan mural Republik biasanya merujuk kepada masalah yang lebih baru.
Teritorial grafiti tanah berfungsi sebagai tanda untuk menampilkan tag dan logo yang membedakan kelompok-kelompok tertentu dari orang lain. Gambar-gambar ini dimaksudkan untuk menunjukkan orang luar yang keras yang lihat rumput adalah yang. Pokok grafiti terkait geng terdiri dari simbol-simbol samar dan inisial sangat bergaya dengan calligraphies unik. Anggota geng menggunakan grafiti untuk menunjuk keanggotaan seluruh geng, untuk membedakan rival dan rekan, dan yang paling umum, untuk menandai batas-batas yang keduanya teritorial dan ideologi.
Etimologi
Grafiti dan grafiti berasal dari kata Italia graffiato ( "menggaruk"). "Graffiti" diterapkan dalam sejarah seni karya seni yang dihasilkan oleh menggaruk desain ke permukaan. Sebuah istilah terkait adalah "grafiti", yang melibatkan menggaruk melalui salah satu lapisan pigmen untuk mengungkapkan lain di bawahnya. Teknik ini terutama digunakan oleh tembikar yang akan Glaze dagangan mereka dan kemudian awal desain ke dalamnya. Pada zaman kuno grafiti itu diukir di dinding dengan benda tajam, walaupun kadang-kadang kapur atau batu bara yang digunakan. Infinitif Yunani γράφειν - graphein - yang berarti "untuk menulis", berasal dari akar yang sama.
Sejarah
Istilah grafiti dimaksud prasasti, gambar gambar, dll, ditemukan di dinding sepulchers atau reruntuhan kuno, seperti dalam Katakombe Roma atau di Pompeii. Penggunaan kata telah berevolusi untuk mengikutsertakan setiap diterapkan pada permukaan grafis dengan cara yang merupakan vandalisme.
Bentuk paling awal dari tanggal grafiti kembali sampai 30.000 SM dalam bentuk lukisan gua prasejarah dan pictographs menggunakan alat-alat seperti tulang hewan dan pigmen. Ilustrasi ini sering ditempatkan di lokasi upacara dan suci di dalam gua. Gambar yang digambar di dinding menunjukkan adegan binatang dan berburu satwa liar di sebagian besar keadaan. Bentuk grafiti ini tunduk pada ketidaksepakatan mempertimbangkan kemungkinan bahwa anggota masyarakat prasejarah mendukung penciptaan ilustrasi ini.
Satu-satunya sumber yang dikenal bahasa Safaitic, suatu bentuk proto-bahasa Arab, dari grafiti: prasasti tergores pada permukaan batu dan batu-batu di padang pasir basalt yang didominasi Suriah selatan, timur utara Yordania dan Arab Saudi. Safaitic berasal dari abad ke-1 SM sampai abad ke-4 Masehi.
Gaya modern grafiti
Contoh pertama yang diketahui tentang "gaya modern" grafiti bertahan di kota Yunani kuno Efesus (di zaman modern Turki). Panduan lokal mengatakan itu adalah sebuah iklan untuk prostitusi. Terletak dekat sebuah mosaik dan batu jalan, grafiti yang menunjukkan handprint yang samar-samar menyerupai hati, bersama jejak kaki dan nomor. Hal ini diyakini untuk menunjukkan bahwa sebuah bordil di dekatnya, dengan melambangkan handprint pembayaran.
Roma kuno berukir grafiti di tembok-tembok dan monumen, contoh-contoh yang juga bertahan hidup di Mesir. Grafiti di dunia klasik yang berbeda daripada membawa konotasi di masyarakat hari ini tentang konten. Grafiti kuno frase ditampilkan cinta deklarasi, retorika politik, dan kata-kata sederhana dibandingkan dengan pemikiran toady pesan populer sosial dan cita-cita politik. Letusan Vesuvius diawetkan grafiti di Pompeii, termasuk Latin kutukan, mantra, deklarasi cinta, abjad, slogan-slogan politik dan kutipan sastra terkenal, memberikan wawasan ke dalam kehidupan jalanan Romawi kuno. Salah satu prasasti memberikan alamat Novellia seorang wanita bernama Primigenia dari Nuceria, seorang pelacur, rupanya keindahan besar, jasa-jasa yang banyak permintaan. Lain menunjukkan sebuah lingga disertai dengan teks, 'mansueta Tene': "Tangani dengan hati-hati".
Bersejarah bentuk grafiti telah membantu memperoleh pemahaman ke dalam gaya hidup dan bahasa budaya masa lalu. Kesalahan dalam ejaan dan tata bahasa dalam grafiti ini menawarkan wawasan ke dalam tingkat melek huruf di masa Romawi dan memberikan petunjuk pada pengucapan lisan bahasa Latin. Contohnya adalah Cil IV, 7.838: Vettium Firmum / AED [ilem] quactiliar [ii] [sic] rog [ant]. Sini, "qu" dibaca "co." 83 potongan ditemukan di Cil grafiti IV, 4706-85 adalah bukti dari kemampuan untuk membaca dan menulis di tingkat masyarakat di mana keaksaraan mungkin tidak diharapkan. Grafiti muncul di peristyle yang sedang direnovasi pada saat letusan Vesuvius oleh arsitek Crescens. Grafiti yang ditinggalkan oleh mandor dan para pekerja. Bordil di Cil VII, 12, 18-20 berisi lebih dari 120 lembar grafiti, beberapa di antaranya adalah karya para pelacur dan klien mereka. The gladiator akademi di Cil IV, 4.397 dicoretkan dengan grafiti yang ditinggalkan oleh gladiator Celadus Crescens (Suspirium puellarum Celadus thraex: "Celadus yang Thrakian membuat gadis mendesah.")
Bukan hanya orang-orang Yunani dan Romawi yang menghasilkan grafiti: situs Maya Tikal di Guatemala juga berisi contoh-contoh kuno. Viking grafiti bertahan di Roma dan di Newgrange Mound di Irlandia, dan menggaruk Varangian nama-Nya (Halvdan) dalam lambang di pegangan tangga di Hagia Sophia di awal Constantinople.These bentuk grafiti telah memberi kontribusi pada pemahaman bahasa gaya hidup dan budaya masa lalu .
Ketika seniman Renaisans seperti Pinturicchio, Raphael, Michelangelo, Filippino Lippi Ghirlandaio atau turun ke dalam reruntuhan Nero Domus Aurea, mereka diukir atau dicat nama mereka dan kembali dengan gaya grottesche dekorasi. Ada juga contoh grafiti yang terjadi dalam sejarah Amerika, seperti Signature Rock, tengara nasional sepanjang Oregon Trail.
Kemudian, tentara Prancis diukir nama-nama mereka di monumen selama kampanye Napoleon dari Mesir pada tahun 1790-an. Lord Byron's bertahan pada salah satu kolom di Kuil Poseidon di Cape Sounion di Attica, Yunani.
Graffiti sering dilihat sebagai telah menjadi hip hop berkaitan dengan budaya dan banyak sekali gaya internasional yang berasal dari New York City Subway grafiti (lihat di bawah). Namun, ada banyak contoh lain dari grafiti terkenal abad ini. Graffiti telah lama muncul di gerbong boks kereta api dan kereta bawah tanah. Yang satu dengan sejarah terpanjang, dating kembali ke 1920-an dan berlanjut ke hari ini, adalah Texino. Selama Perang Dunia II dan selama beberapa dekade setelah itu, ungkapan "Kilroy ada di sini" disertai ilustrasi ini tersebar luas di seluruh dunia, karena penggunaannya oleh pasukan Amerika dan penyaringan ke dalam budaya populer Amerika. Tak lama setelah kematian Charlie Parker (dijuluki "Yardbird" atau "Burung"), graffiti mulai muncul di New York dengan kata-kata "Burung Lives". protes mahasiswa dan pemogokan umum Mei 1968 Paris dihiasi melihat revolusioner, anarkis, dan situationist slogan seperti perasaan bosan L'est contre-Révolutionnaire ( "Kebosanan adalah kontrarevolusi") dinyatakan dalam melukis grafiti, poster seni, dan seni stensil. Di Amerika Serikat pada saat politik lainnya frase (seperti "Free Kwik" tentang Black Panther Kwik Newton) menjadi populer secara singkat sebagai grafiti di daerah terbatas, hanya untuk dilupakan. Grafiti populer tahun 1970-an adalah legenda "Dick Nixon Sebelum Dia Dicks Anda," yang mencerminkan permusuhan budaya pemuda itu presiden AS.
Rock and roll grafiti adalah sub genre yang signifikan. Grafiti terkenal dari abad ke-20 adalah prasasti di kereta bawah tanah London membaca "Clapton adalah Tuhan". Ungkapan itu semprot dilukis oleh pengagum di dinding di sebuah stasiun bawah tanah Islington pada musim gugur 1967. Grafiti ditangkap dalam sebuah foto, di mana anjing itu kencing di dinding. Graffiti juga menjadi terkait dengan pendirian anti-awal gerakan punk rock pada 1970-an. Band-band seperti Black Flag dan Crass (dan pengikut-pengikutnya) dicap secara luas nama-nama mereka dan logo, sementara banyak punk klub malam, jongkok dan nongkrong yang terkenal grafiti mereka. Pada akhir tahun 1980-an terbalik gelas Martini yang merupakan tag untuk band punk Hilang Yayasan adalah yang paling rendah di mana-mana grafiti di Manhattan, dan ditiru oleh penggemar punk inti keras di seluruh Amerika Serikat dan Jerman Barat.
Di Amerika sekitar akhir 1960-an, graffiti digunakan sebagai bentuk ekspresi oleh aktivis politik, dan juga oleh geng-geng seperti Skulls Savage, La Familia, dan Savage Pengembara untuk menandai wilayah. Menjelang akhir 1960-an, tanda-tag-penulis grafiti Philadelphia roti jagung, Best Earl dan Topcat 126 mulai muncul. Roti jagung sering dikutip sebagai salah satu penulis paling awal grafiti modern. Sekitar 1970-71, pusat inovasi grafiti pindah ke New York City di mana penulis mengikuti di belakang Taki 183 dan 168 Tracy jalan mereka akan menambah jumlah nama panggilan mereka, "bom" kereta dengan pekerjaan mereka, dan membiarkan kereta bawah tanah mengambil itu-dan ketenaran mereka, apakah itu mengesankan, atau hanya merasuk, cukup-"semua kota". Gelembung huruf awalnya memegang kekuasaan di antara para penulis dari Bronx, meskipun rumit Tracy menulis 168 dijuluki "Wildstyle" akan datang untuk mendefinisikan seni. Trendsetter awal bergabung di tahun 70-an oleh seniman seperti Dondi, Zephyr dan Lady pink.
Graffiti adalah salah satu dari empat unsur utama dari kebudayaan hip hop (bersama dengan mengetuk, DJing, dan break dance). [19] Hubungan antara grafiti dan budaya hip hop muncul baik dari seniman grafiti awal mempraktekkan aspek-aspek lain hip hop, dan dipraktekkan di daerah-daerah di mana unsur-unsur lain hip hop sudah berkembang sebagai bentuk seni. Pada pertengahan tahun delapan puluhan, form akan bergerak dari jalan ke dunia seni. Jean-Michel Basquiat akan meninggalkan nya SAMO tag untuk galeri seni, dan bahkan seni jalanan koneksi ke hip-hop akan mengendur. Sesekali hip hop paeans untuk grafiti masih terdengar di seluruh sembilan puluhan, bagaimanapun, di trek seperti Artifacts ' "Salah Side of Da Trek" dan Perusahaan Arus's "Lune TNS".
Asal
Modernis awal tanggal grafiti dapat kembali ke kotak mobil di awal 1920-an namun gerakan graffiti terlihat dalam dunia kontemporer saat ini benar-benar berasal melalui pikiran aktivis politik dan anggota geng tahun 1960-an. The "perintis era" dari grafiti terjadi selama tahun 1969 sampai 1974. Periode waktu ini adalah masa perubahan dalam popularitas dan gaya. New York City menjadi hub baru (resmi Philadelphia, Pennsylvania) dari grafiti tag dan gambar. Grafiti seniman selama periode ini berusaha untuk menempatkan sebanyak mungkin tanda-tanda naik di sekitar kota. Ini adalah tujuan akhir dari pemaparan. Segera setelah migrasi dari Philadelphia ke NYC, kota yang dihasilkan salah satu seniman grafiti yang pertama untuk mendapatkan perhatian media di New York, Taki 183. 183 Taki adalah seorang pemuda dari Washington Heights, Manhattan yang bekerja sebagai utusan kaki. Tag-Nya adalah campuran dari namanya Demetrius (Demetraki), Taki, dan nomor jalan, 183. Menjadi utusan kaki, ia terus-menerus di kereta bawah tanah dan mulai memasang tag-nya di sepanjang perjalanan. Melahirkan tahun 1971 ini artikel di New York Times yang berjudul " 'Taki 183' menumbuhkan Pen Pal". Julio 204 juga dikreditkan sebagai penulis awal, meskipun tidak diakui pada saat di luar grafiti subkultur. Nama-nama terkenal lainnya dari waktu itu adalah: Tetap Tinggi 149, FASE 2, Stitch 1, Joe 182, SMP 161 dan Cay 161. Barbara 62 dan Eva 62 juga penting seniman grafiti awal di New York, dan merupakan wanita pertama menjadi terkenal untuk menulis grafiti.
Juga berlangsung selama era ini adalah gerakan dari luar kota di jalan-jalan ke kereta bawah tanah. Graffiti juga melihat benih-benih pertama kompetisi di sekitar waktu ini. Tujuan dari sebagian besar seniman saat ini adalah "bangun": memiliki banyak tag dan bom di tempat sebanyak mungkin. Seniman mulai masuk ke kereta bawah tanah meter untuk mencapai kereta sebanyak yang mereka bisa dengan risiko yang lebih rendah, lebih sering menciptakan karya seni yang rumit sepanjang sisi mobil kereta bawah tanah. Ini terjadi ketika tindakan pengeboman dikatakan secara resmi didirikan.
By 1971 tags mulai mengambil kaligrafi tanda tangan mereka penampilan karena, karena jumlah besar seniman, masing-masing seniman grafiti memerlukan cara untuk membedakan diri mereka sendiri. Selain dari tumbuh kompleksitas dan kreativitas, tag juga mulai tumbuh dalam ukuran dan skala - misalnya, banyak seniman sudah mulai meningkatkan ukuran huruf dan garis ketebalan, serta mencantumkan tag mereka. Hal ini melahirkan apa yang disebut 'karya' atau 'bagian' pada tahun 1972. Super Kool 223 dikreditkan sebagai yang pertama untuk melakukan potongan-potongan.
Penggunaan desain seperti bintik-bintik, crosshatches, dan catur menjadi semakin populer. Menggunakan cat semprot meningkat secara dramatis di sekitar kali ini sebagai seniman mulai memperluas pekerjaan mereka. "Top-to-bottom", karya-karya yang menjangkau seluruh tinggi mobil kereta bawah tanah, membuat penampilan pertama mereka di waktu ini juga. Keseluruhan kreativitas dan artistik pematangan periode ini tidak tidak diketahui oleh mainstream - Hugo Martinez mendirikan Amerika Graffiti Artists (UGA) pada tahun 1972. UGA terdiri dari banyak seniman grafiti atas waktu, dan bertujuan untuk menyajikan grafiti di sebuah galeri seni pengaturan. Pada tahun 1974, seniman grafiti mulai menggabungkan penggunaan pemandangan dan kartun karakter ke dalam pekerjaan. TF5 (The Fabulous Lima), adalah seorang kru yang dikenal rumit yang dirancang untuk seluruh mobil.
Pada pertengahan 1970-an waktu, paling standar telah ditetapkan dalam grafiti menulis dan budaya. Terberat "bom" dalam sejarah Amerika Serikat terjadi di periode ini, sebagian karena hambatan ekonomi di New York City, yang membatasi kemampuannya untuk memerangi bentuk seni ini dengan program-program penghapusan grafiti atau transit pemeliharaan. Juga selama waktu ini, "top-to-bottom" berevolusi untuk mengambil seluruh kereta bawah tanah mobil. Sebagian besar catatan-layak era ini terbukti pembentukan "membuang-up", yang lebih kompleks daripada sederhana "penandaan," tapi tidak rumit sebagai "bagian". Tidak lama setelah perkenalan mereka, melempar-up menyebabkan perlombaan untuk melihat siapa yang bisa melakukan jumlah terbesar melempar-up dalam waktu paling sedikit.
Grafiti menulis itu menjadi sangat kompetitif dan seniman berusaha untuk pergi "semua kota," atau memiliki nama-nama mereka dilihat di semua lima borough of NYC. Akhirnya, standar yang telah ditetapkan pada awal tahun 70-an mulai menjadi stagnan. Perubahan sikap ini membuat banyak seniman ke tahun 1980-an dengan sebuah keinginan untuk memperluas dan perubahan.
Modern grafiti di kereta
Akhir 1970-an dan awal 1980-an membawa gelombang baru kreativitas ke TKP. Sebagai pengaruh grafiti tumbuh luar Bronx, sebuah gerakan grafiti dimulai dengan dorongan Friendly Freddie. Fab 5 Freddy (Fred Brathwaite) adalah salah satu sosok grafiti populer saat ini, yang dimulai di Brooklyn "dinding-kelompok penulis." Dia mencatat bagaimana perbedaan dalam teknik semprot dan surat-surat antara Upper Manhattan dan Brooklyn mulai bergabung pada akhir 70-an: "keluar dari yang datang 'Wild Style'." [26] Fab 5 Freddy seringkali dianggap berjasa dengan membantu untuk menyebarkan pengaruh grafiti dan musik rap luar fondasi awal di Bronx, dan membuat link yang sebagian besar pusat kota putih adegan seni dan musik. Saat itu sekitar waktu ini bahwa dunia seni yang mapan mulai menjadi reseptif terhadap budaya grafiti untuk pertama kalinya sejak Hugo Martinez's Razor Gallery di awal 1970-an.
Itu juga, Namun, gelombang terakhir pengeboman sejati sebelum Transit Authority membuat grafiti pemberantasan prioritas. MTA (Metro Transit Authority) mulai memperbaiki pagar halaman, dan menghapus grafiti konsisten, berjuang melawan gelombang grafiti seniman. Dengan MTA memerangi para seniman dengan menghapus karya mereka sering membuat banyak seniman untuk berhenti karena frustrasi, karena pekerjaan mereka terus-menerus dibuang.
Penyebaran budaya grafiti
Pada tahun 1979, artis grafiti Lee Quinones dan Fab 5 Freddy diberi pembukaan galeri seni di Roma oleh Claudio agen Bruni. Bagi banyak di luar New York, itu adalah pertemuan pertama mereka dengan bentuk seni. Fab 5 Freddy persahabatan dengan Debbie Harry Blondie dipengaruhi tunggal "Kiamat" (Chrysalis, 1981), video yang menampilkan Jean-Michel Basquiat dari SAMO © Graffiti, dan menawarkan banyak pertama mereka melihat gambaran dari unsur-unsur grafiti dalam hip hop budaya. Lebih penting di sini adalah Ahearn Charlie's independen merilis film fiksi Wild Style (Wild Style, 1982), dan dokumenter PBS awal Style Wars (1983). Lagu-lagu hit seperti "The Message" dan "Planet Rock" dan video musik yang menyertai mereka (keduanya 1982) berkontribusi pada semakin meningkatnya minat di luar New York di semua aspek pinggul Perang hop.Style digambarkan tidak hanya terkenal seperti artis grafiti Skeme, Dondi , MinOne dan Zephyr, tetapi juga diperkuat peran grafiti dalam muncul di New York budaya hip hop terkenal dengan menggabungkan break dance awal kelompok-kelompok seperti Rock Steady Crew dalam film yang juga memiliki fitur rap hanya soundtrack. Style Wars masih diakui sebagai film paling produktif representasi apa yang sedang terjadi di dalam budaya hip hop muda pada awal tahun 1980-an. [27] Fab 5 Freddy dan Futura 2000 mengambil hip hop grafiti ke Paris dan London sebagai bagian dari New York Rap City Tour pada tahun 1983. [28] Hollywood juga diperhatikan, konsultasi para penulis seperti FASE 2 seperti yang digambarkan budaya dan memberikannya eksposur internasional dalam film seperti "Beat Street (Orion, 1984).
Periode ini juga melihat munculnya grafiti stensil baru genre. Beberapa contoh pertama diciptakan ca 1981 oleh seniman grafiti Blek le Rat di Paris; pada tahun 1985 stensil telah muncul di kota-kota lain seperti New York City, Sydney dan Melbourne, di mana mereka didokumentasikan oleh fotografer Amerika dan Australia Charles Gatewood photograher Rennie Ellis.
Sama seperti budaya menyebar di luar New York dan di luar negeri, aspek budaya grafiti di New York dikatakan memburuk hampir sampai ke titik kepunahan. Penurunan yang cepat dalam menulis adalah karena beberapa faktor. Jalan-jalan menjadi lebih berbahaya karena adanya epidemi retak berkembang, undang-undang ini dilakukan untuk membuat hukuman untuk para seniman grafiti yang lebih berat, dan pembatasan penjualan cat dan ditampilkan membuat perlombaan (mencuri) bahan sulit. Atas segalanya, MTA sangat meningkatkan anggaran anti-grafiti. Banyak situs yang menjadi favorit lukisan yang dijaga ketat, pekarangan itu patroli, pagar yang lebih baru dan lebih baik didirikan, dan Buffing keping kuat, berat, dan konsisten. Sebagai hasil dari kereta bawah tanah yang lebih keras untuk melukis, lebih banyak penulis pergi ke jalan-jalan, yang sekarang, bersama dengan kotak komuter kereta dan mobil, yang paling lazim bentuk tulisan.
Banyak seniman grafiti Namun, memilih untuk melihat masalah-masalah baru sebagai tantangan bukan alasan untuk berhenti. Sebuah kerugian untuk tantangan ini adalah bahwa para seniman menjadi sangat teritorial menulis baik bintik-bintik, dan kekuatan dan kesatuan dalam jumlah menjadi semakin penting. Beberapa seniman grafiti mentionable dari era ini adalah Blade, Dondi, Min 1, Quik, Seen dan Skeme. Hal ini dinyatakan sebagai end untuk kereta bawah tanah NYC biasa grafiti seniman, dan tahun-tahun akan mengikuti hanya dihuni oleh beberapa orang menganggap apa yang paling "mati keras" seniman. Orang sering menemukan bahwa membuat grafiti di sekitar area lokal adalah cara mudah untuk tertangkap sehingga mereka melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang berbeda.
New York 1985-1989
Tahun-tahun antara 1985 dan 1989 menjadi dikenal sebagai "mati keras" era. Sebuah gambar terakhir bagi seniman grafiti kali ini adalah dalam bentuk mobil kereta bawah tanah diperuntukkan bagi halaman memo. Dengan peningkatan keamanan, kebudayaan telah mengambil langkah mundur. Rumit sebelumnya "pembakar" di bagian luar mobil sekarang diwarnai dengan spidol sederhana tag yang sering basah kuyup cat.
Pada pertengahan tahun 1986, MTA dan CTA menang mereka "perang terhadap grafiti," dan penduduk seniman grafiti aktif berkurang. Sebagai penduduk seniman diturunkan agar melakukan kekerasan yang berhubungan dengan grafiti awak dan "pengeboman." Atap juga sedang billboard baru untuk beberapa 80's penulis. Beberapa seniman grafiti terkenal era ini adalah Cope2, Claw Money, Sane Smith, Zephyr dan T Kid.
Zaman sekarang di grafiti dicirikan oleh mayoritas seniman grafiti bergerak dari gerbong kereta bawah tanah atau untuk "galeri jalanan." Kereta Bersih Gerakan dimulai pada Mei 1989, ketika New York berusaha untuk menghapus semua mobil kereta bawah tanah yang ditemukan dengan grafiti pada mereka keluar dari sistem transit. Karena ini, banyak seniman grafiti untuk menggunakan cara-cara baru untuk mengekspresikan diri. Banyak kontroversi muncul di antara jalan-jalan grafiti memperdebatkan apakah harus dianggap sebagai bentuk seni yang sebenarnya.
Sebelum Kereta Api Bersih Gerakan, jalan-jalan sebagian besar tidak disentuh hanya di New York, tapi di kota-kota besar lainnya Amerika juga. Setelah transit tekun perusahaan mulai membersihkan kereta api, grafiti menghambur ke jalan-jalan Amerika untuk mengharapkan sebuah un-un-menghargai publik.
Pejabat kota di tempat lain di negara sombong beranggapan bahwa grafiti geng terbatas merupakan penyakit sebagian besar ke Big Apple Tidak lebih. Smear yang bergaya dilahirkan di Bronx Selatan telah menyebar di seluruh negeri, meliputi bangunan, jembatan dan jalan raya di setiap pusat perkotaan. Dari Philadelphia ke Santa Barbara, Calif, biaya tahunan membersihkan setelah seniman bawah tanah menjulang ke miliaran.
Selama periode ini banyak seniman grafiti yang diambil untuk menampilkan karya-karya mereka di galeri dan memiliki studio mereka sendiri. Praktek ini dimulai pada awal 1980-an dengan artis seperti Jean-Michel Basquiat, yang mulai dari lokasi penandaan dengan tanda tangannya SAMO (Same Old Shit), dan Keith Haring, yang juga mampu membawa seni ke ruang studio.
Dalam beberapa kasus, seniman grafiti telah mencapai rumit seperti grafiti (terutama yang dilakukan untuk mengenang orang yang meninggal) di gerbang depan toko yang pemilik toko telah ragu-ragu untuk menutupi mereka. Di Bronx setelah kematian rapper Big Pun, beberapa mural hidupnya didedikasikan untuk dilakukan oleh BG183, Bio, Lebih enak lemak dalam sekejap muncul CRU; serupa outpourings terjadi setelah kematian dari The Notorious BIG, Tupac Shakur, Big L, dan Jam Master Jay.
Dengan popularitas dan legitimasi dari grafiti telah datang tingkat komersialisasi. Pada tahun 2001, raksasa komputer IBM meluncurkan kampanye iklan di Chicago dan San Francisco yang melibatkan orang-orang semprot lukisan di trotoar simbol perdamaian, jantung, dan seekor penguin (maskot Linux), untuk mewakili "Peace, Love, dan Linux." Namun karena ilegal beberapa "seniman jalanan" itu ditangkap dan didakwa dengan vandalisme, dan IBM didenda lebih dari US $ 120.000 untuk menghukum dan membersihkan biaya-biaya.
Pada tahun 2005, sebuah kampanye iklan yang sama diluncurkan oleh Sony dan dieksekusi oleh CRU lemak di New York, Chicago, Atlanta, Philadelphia, Los Angeles dan Miami untuk memasarkan sistem game handheld PSP. Dalam kampanye ini, memperhatikan masalah-masalah hukum dari kampanye IBM, Sony dibayarkan pemilik bangunan untuk hak cat pada bangunan mereka "koleksi pusing-mata bermain dengan anak-anak perkotaan PSP seakan skateboard, sebuah dayung atau kuda-kudaan.
Seiring dengan pertumbuhan komersial telah tiba munculnya video game juga menggambarkan grafiti, biasanya dalam aspek positif - misalnya, Jet Set Radio seri (2000-2003) bercerita tentang sekelompok remaja melawan penindasan polisi yang totaliter kekuatan yang mencoba untuk membatasi seniman grafiti 'kebebasan berbicara. Dalam plotlines mencerminkan reaksi negatif non-komersial komersialisasi seniman dari artform oleh perusahaan-perusahaan seperti IBM (dan, kemudian, Sony itu sendiri) yang Rakugaki Ōkoku seri (2003-2005) untuk Sony PlayStation 2 berkisar seputar pahlawan anonim dan ajaib dijiwai-dengan-kehidupan kreasi grafiti ketika mereka berjuang melawan raja yang jahat yang hanya memungkinkan untuk diproduksi seni yang dapat menguntungkan dirinya. Setelah akar asli grafiti modern sebagai kekuatan politik datang permainan lain judul, Marc Ecko's Getting Up: Contents Under Pressure (2006), menampilkan alur cerita yang melibatkan berperang melawan kota yang korup dan penindasan terhadap kebebasan berbicara, seperti di Jet Set radio seri.
Permainan lainnya yang mencakup fitur grafiti Bom Dunia (2004), grafiti simulasi online yang diciptakan oleh seniman grafiti Klark Kent di mana pengguna dapat virtual cat kereta api di 20 lokasi di seluruh dunia, dan Super Mario Sunshine (2002), di mana pahlawan, Mario harus bersih kota grafiti yang ditinggalkan oleh penjahat, Bowser Jr dalam plotline yang membangkitkan keberhasilan Anti-Graffiti Task Force dari Walikota New York Rudolph Giuliani (satu manifestasi dari "teori jendela pecah") atau orang-orang dari "Graffiti Blasters" Walikota Chicago Richard M. Daley.
Banyak non-coretan-sentris video game memungkinkan pemain untuk menghasilkan grafiti (seperti seri Half-Life, si Tony Hawk's series, The Urbz: Sims di Kota, Rolling dan Grand Theft Auto: San Andreas). Banyak judul-judul lain dalam game mengandung penggambaran grafiti (seperti The Darkness, Double Dragon 3: The Rosetta Stone, Nethack, Samurai Champloo: teralihkan, The World Ends With You, The Warriors, Just Cause, Portal, berbagai contoh Virtual Graffiti , dll). Sana juga ada sejumlah permainan di mana istilah "grafiti" digunakan sebagai sinonim untuk "menggambar" (seperti Yahoo! Graffiti, Graffiti, dll).
Marc Ecko, seorang desainer pakaian perkotaan, telah menjadi penganjur grafiti sebagai bentuk seni selama periode ini, menyatakan bahwa "Graffiti adalah tanpa mempertanyakan gerakan seni yang paling kuat dalam sejarah dan telah menjadi inspirasi mengemudi sepanjang karir saya.
Keith Haring lain terkenal seniman grafiti yang membawa Pop Art dan graffiti untuk mainstream komersial. Tahun 1980-an, Haring membuka telepon seluler pertama Shop: toko yang menawarkan semua akses ke karya-karyanya-yang sampai saat itu hanya dapat ditemukan spray-cat di tembok kota. Pop Shop menawarkan komoditas seperti tas dan t-shirt. Haring menjelaskan bahwa, "The Pop Toko membuat karya saya dapat diakses. Ini mengenai partisipasi pada tingkat yang besar, intinya adalah bahwa kami tidak ingin untuk menghasilkan hal-hal yang akan memurahkan seni. Dengan kata lain, ini masih seni sebagai pernyataan" .
Graffiti telah menjadi batu loncatan untuk Common banyak anggota baik komunitas seni dan desain di america utara dan luar negeri. Dalam Amerika Serikat Graffiti Artists seperti Mike Giant, Kejar, Rime, Nuh dan banyak orang lain telah membuat karier di skateboard, pakaian dan sepatu desain untuk perusahaan seperti DC Shoes, Adidas, Osiris atau Rebel8 Sekitar, Sementara itu ada banyak orang lain seperti DZINE, bingung, Blade, The Mac yang telah membuat beralih ke galeri seniman sering kali bahkan tidak menggunakan media awal mereka, spray paint.
Tapi mungkin contoh terbesar seniman grafiti infiltrasi budaya pop mainstream oleh kru Perancis, 123Klan. 123Klan didirikan sebagai kru grafiti pada tahun 1989 oleh Scien dan Klor, telah secara bertahap mengalihkan tangan untuk ilustrasi dan desain tetap mempertahankan grafiti mereka praktek dan gaya. Dengan berbuat demikian mereka telah dirancang dan diproduksi, logo dan ilustrasi, sepatu, dan fashion untuk orang seperti Nike, Adidas, Lamborghini, Coca Cola, Stussy, Sony, Nasdaq dan banyak lagi.
Puncak dari semua pengaruh ini dapat dilihat dengan jelas dalam memenuhi grafiti video game dan hip hop mash-up dari serial televisi yang diciptakan oleh Mic Neumann dikenal di seluruh dunia sebagai Kung Faux, yang mencicipi fitur potongan film kung fu klasik diresapi dengan grafiti ilustrasi, permainan video fx khusus, hip-hop musik, dan bahkan dijuluki overs suara dari grafiti seperti artis sebagai ESPO alias ESPO, KAWS, simpanan, & Futura 2000, dan juga legenda break dance Crazy Legs (penari), dan hip hop pionir Afrika Bambaataa, Biz Markie, & Queen Latifah.
Perkembangan global
Amerika Selatan
Artful grafiti di Olinda, Brasil
Ada tradisi grafiti yang signifikan di Amerika Selatan terutama di Brasil. Dalam Brazil, São Paulo umumnya dianggap sebagai pusat arus inspirasi bagi banyak seniman grafiti di seluruh dunia.
Brasil "membanggakan yang unik dan sangat kaya adegan grafiti ... penghasilan itu reputasi internasional sebagai tempat untuk mencari inspirasi artistik. Graffiti "berkembang dalam setiap ruang di kota-kota di Brazil. Artistik kesejajaran "sering ditarik antara energi São Paulo hari ini dan tahun 1970-an di New York. Yang "metropolitan yang luas, São Paulo telah "menjadi kuil baru untuk grafiti; Manco mengacu kepada "kemiskinan dan pengangguran ... dan epik perjuangan dan kondisi negara bangsa terpinggirkan, dan untuk" Brasil's kronis kemiskinan, sebagai mesin utama yang" telah memicu budaya grafiti yang bersemangat. Dalam istilah dunia, Brasil telah "salah satu yang paling tidak merata distribusi pendapatan. Undang-Undang dan pajak sering berubah. Faktor-faktor seperti, Manco berpendapat, berkontribusi pada masyarakat yang sangat fluida, terbelah dengan orang-orang divisi ekonomi dan ketegangan sosial yang mendukung dan memberi makan "folkloric vandalisme dan olahraga perkotaan untuk disenfranchised, bahwa adalah seni grafitti Amerika Selatan.
Grafiti di Timur Tengah perlahan-lahan muncul, dengan kantong-kantong taggers beroperasi di berbagai 'Emirat' dari Uni Emirat Arab, di Israel, dan di Iran. Utama koran Hamshahri Iran telah menerbitkan dua artikel tentang penulis ilegal di kota dengan foto liputan A1one Iran karya-karya seniman pada dinding Teheran. Berbasis di Tokyo majalah desain PingMag telah mewawancarai A1one dan menampilkan foto-foto karyanya. [48] Israel penghalang Tepi Barat telah menjadi sebuah situs untuk grafiti, yang mengingatkan dalam pengertian ini Tembok Berlin. Banyak seniman grafiti di Israel datang dari tempat-tempat lain di seluruh dunia, seperti Juif, dari Los Angeles, dan DEVIONE dari London. Referensi religius "נ נח נחמ נחמן מאומן" ( "Na Nach Nachma Nachman Meuman") adalah biasa terlihat graffitied sekitar Israel.
Metode dan produksi
Para seniman grafiti modern dapat ditemukan dengan gudang berbagai bahan yang memungkinkan untuk produksi yang berhasil sepotong [49]. Spray cat dalam kaleng aerosol adalah nomor satu keharusan untuk grafiti. Komoditi ini datang dari gaya yang berbeda, teknik, dan kemampuan untuk membentuk karya-karya master visual graffiti. Spray paint dapat ditemukan pada hardware dan toko seni dan datang di hampir setiap warna.
Stencil graffiti, yang berasal dari awal 1980-an, diciptakan dengan menggunting bentuk dan desain dalam bahan kaku (seperti kardus atau folder subjek) dalam rangka untuk membentuk sebuah desain atau gambar secara keseluruhan. The stensil tersebut kemudian diletakkan di atas kanvas dengan lembut dan dengan cepat, mudah stroke dari kaleng aerosol, gambar mulai muncul di permukaan yang dimaksud. Metode ini populer di kalangan grafiti seniman karena teknik cepat yang memerlukan sedikit waktu. Waktu selalu merupakan faktor dengan grafiti karena ancaman konstan tertangkap oleh penegak hukum.
Modern eksperimentasi
Seni grafiti modern sering menggabungkan seni dan teknologi tambahan. Sebagai contoh, Graffiti Research Lab telah mendorong penggunaan gambar diproyeksikan dan magnetik dioda pemancar cahaya sebagai media baru untuk penulis grafiti. Artis Italia regeneratif CASE sedang mengejar grafiti melalui percobaan dengan bentuk-bentuk abstrak dan modifikasi yang disengaja karya seni grafiti sebelumnya. Yarnbombing adalah bentuk baru lain grafiti. Kadang Yarnbombers sasaran grafiti untuk modifikasi sebelumnya.
Beberapa gaya yang paling umum dari grafiti memiliki nama mereka sendiri. Sebuah "tag" adalah yang paling dasar penulisan nama artis, itu hanyalah sebuah handstyle. Seorang penulis graffiti tag nya tanda tangan yang dipersonalisasi. Penandaan sering menjadi contoh yang diberikan ketika penentang grafiti merujuk kepada setiap tindakan handstyle tulisan grafiti (itu sejauh ini merupakan bentuk paling umum grafiti). Tags dapat halus dan kadang-kadang berisi pesan rahasia, dan mungkin memasukkan kru artis inisial atau surat-surat lain. Salah satu bentuk tag yang dikenal sebagai "pipis" adalah tindakan mengambil isi ulang pemadam api dan mengganti isi dalamnya dengan cat, memungkinkan tag setinggi sekitar 20 kaki. Membidik dan menjaga handstyle mantap dalam bentuk penandaan ini sangat sulit, biasanya akan keluar bergelombang dan ceroboh.
Bentuk lain adalah "membuang-up," juga dikenal sebagai "bom" yang biasanya dicat dengan sangat cepat dengan dua atau tiga warna, mengorbankan estetika untuk kecepatan. Lemparkan-up juga dapat diuraikan pada suatu permukaan dengan satu warna. Sebuah "potongan" yang lebih rumit adalah representasi dari nama artis, menggabungkan lebih bergaya surat, biasanya jauh lebih besar menggabungkan berbagai warna. Tentu saja ini lebih memakan waktu dan meningkatkan kemungkinan artis tertangkap. Sebuah "blockbuster" atau "roller" adalah sepotong besar, hampir selalu dilakukan di dalam gaya berbentuk blok, dilakukan hanya untuk menutupi area yang luas kokoh dengan dua warna kontras, kadang-kadang dengan seluruh tujuan memblokir penulis lain dari lukisan di dinding yang sama . Ini biasanya dicapai dengan cat diperpanjang rol dan galon cat eksterior murah.
Gaya yang lebih kompleks adalah "Wildstyle", suatu bentuk saling grafiti biasanya melibatkan huruf dan menghubungkan titik-titik. Potongan-potongan ini sering sulit untuk dibaca oleh non-seniman grafiti sebagai surat bergabung menjadi satu sama lain dalam cara yang sering undecipherable. Beberapa seniman juga menggunakan stiker sebagai cara cepat untuk menangkap up. Sementara kritik tertentu dari dalam kebudayaan grafiti mempertimbangkan malas ini, stiker bisa sangat rinci dalam hak mereka sendiri, dan sering digunakan bersama dengan bahan lainnya. Stiker tag yang umumnya dilakukan pada pos kosong stiker, karena ini dapat dengan mudah diperoleh tanpa biaya di bagian penulis.
Banyak seniman grafiti kompleks percaya bahwa melakukan potongan terlalu besar melibatkan investasi waktu untuk membenarkan praktik. Melakukan sepotong dapat mengambil (tergantung pada pengalaman dan ukuran) 30 menit untuk berbulan-bulan, seperti yang terjadi untuk Saber MSK ketika bekerja pada sepotong grafiti terbesar dunia di sungai LA. Artis grafiti lain dapat pergi atas sehelai dalam hitungan menit dengan sederhana muntah. Hal ini dicontohkan oleh penulis "CAP" di dokumenter Style Wars, yang, penulis lain mengeluh, reruntuhan potongan dengan cepat melempar up. Ini dikenal sebagai "pembatasan" dan sering dilakukan ketika ada "daging sapi", konflik antara penulis.
Teori tentang penggunaan grafiti oleh seniman avant-garde memiliki sejarah dating kembali setidaknya ke Scandinavian Institute of Comparative Vandalisme pada tahun 1961. Banyak analis kontemporer dan bahkan kritikus seni mulai melihat nilai seni di beberapa grafiti dan mengakui itu sebagai bentuk seni publik. Menurut banyak peneliti seni, khususnya di Belanda dan di Los Angeles, jenis seni publik, sebenarnya alat yang efektif emansipasi sosial atau dalam pencapaian tujuan politik.
Mural di Belfast dan Los Angeles menawarkan contoh lain dari pengakuan resmi. Di masa konflik, mural tersebut telah menawarkan alat komunikasi dan ekspresi diri bagi anggota secara sosial ini, etnis dan / atau masyarakat dibagi ras, dan telah membuktikan diri sebagai alat efektif dalam membangun dialog dan dengan demikian menangani perpecahan dalam jangka panjang. Tembok Berlin ini juga banyak mengulas oleh Graffiti mencerminkan tekanan sosial yang berkaitan dengan pemerintahan Soviet menindas atas GDR.
Pemanfaatan grafiti unik yang digunakan di sini sebagai metode mengekspresikan orientasi seksual. Montclair, California.
Banyak seniman yang terlibat dengan Graffiti juga prihatin dengan kegiatan serupa Stencilling. Pada dasarnya, ini memerlukan stensil cetak satu atau lebih warna menggunakan cat semprot. Diakui sementara memamerkan dan menerbitkan beberapa dari stensil dan lukisan berwarna yang menggambarkan konflik etnis di Sri Lanka dan perkotaan Britania pada awal 2000-an, seniman grafiti alias Mathangi Arulpragasam MIA juga telah menjadi dikenal untuk mengintegrasikan citra dirinya kekerasan politik ke musik video untuk single "Galang" dan "Bucky Done Gun," dan cover art. Stiker karya seni nya juga sering muncul di sekitar tempat-tempat seperti di Brick Lane London, menempel di tiang lampu dan rambu jalan, setelah dirinya menjadi sumber inspirasi bagi seniman grafiti lain / pelukis di kota-kota di seluruh dunia termasuk Sevilla. Graffiti artis Yohanes Fekner, yang disebut "caption penulis ke lingkungan perkotaan, Adman bagi oposisi" oleh penulis Lucy Lippard, terlibat dalam seni langsung intervensi dalam New York City membusuk lingkungan perkotaan di pertengahan tahun tujuh puluhan melalui delapan puluhan. Fekner dikenal karena penargetan kata instalasi isu-isu sosial dan politik, distensil pada bangunan di seluruh New York.
Anonymous seniman
Grafiti seniman terus memiliki ancaman menjulang menghadapi konsekuensi untuk menampilkan grafiti mereka. Banyak memilih untuk melindungi identitas dan reputasi mereka dengan tetap anonim. Banksy adalah salah satu dunia yang paling terkenal dan populer artis jalanan yang terus tetap tak berwajah di masyarakat hari ini. Dia dikenal karena politiknya, anti-perang seni stensil terutama di Bristol, Inggris namun karyanya dapat dilihat di mana saja dari Los Angeles ke Palestina. Di Inggris, Banksy adalah ikon yang paling dikenal bagi gerakan seni budaya ini dan menjaga rahasia identitasnya untuk menghindari penangkapan. Sebagian besar karya Banksy yang dapat dilihat di sekitar jalan-jalan di pinggiran kota London dan sekitarnya, meskipun dia telah melukis gambar-gambar di seluruh dunia, termasuk Timur Tengah, di mana ia telah melukis Israel yang kontroversial di Tepi Barat penghalang dengan gambar satir kehidupan di sisi lain. Satu menggambarkan sebuah lubang di dinding dengan pantai yang indah, sementara yang lain menunjukkan pemandangan gunung di sisi lain. Sejumlah pameran juga telah terjadi sejak tahun 2000, dan karya seni baru-baru ini telah mengambil sejumlah besar uang. Seni Banksy adalah contoh utama dari kontroversi klasik: vandalisme vs seni. Seni pendukung mendukung karyanya didistribusikan di daerah perkotaan sebagai karya seni, sementara pejabat kota dan penegakan hukum telah dianggap semua karya Banksy menjadi vandalisme dan pengrusakan properti. Banyak anggota masyarakat Bristol merasa bahwa grafitti Banksy itu mengurangi nilai properti dan mendorong perilaku jahat.
Pixnit artis lain yang memilih untuk menjaga identitas dari masyarakat umum [56]. Karyanya berfokus pada keindahan dan aspek desain grafiti Banksy sebagai lawan pemerintah anti-nilai kejutan. Lukisannya sering dari desain bunga di atas toko-toko di daerah perkotaan lokal Cambridge, Massachusetts. Beberapa pemilik toko mendukung pekerjaannya dan mendorong orang lain untuk melakukannya juga. "Salah satu dari potongan-potongan yang tersisa di atas Steve's Kitchen, karena terlihat cantik luar biasa" - Erin Scott, manajer di New England Komik Allston.
Radikal dan politik
Graffiti sering memiliki reputasi sebagai bagian dari subkultur yang memberontak terhadap otoritas, meskipun pertimbangan dari praktisi sering kali merupakan kepanjangan dan dapat berhubungan dengan berbagai sikap. Dapat mengungkapkan praktik politik dan dapat membentuk satu alat dalam array teknik perlawanan. Salah satu contoh awal termasuk anarko-punk band Crass, yang melakukan kampanye anti-perang stensil, anarkis, feminis dan anti-konsumeris pesan di London Underground sistem selama akhir 1970-an dan awal 1980-an.
Grafiti di Amsterdam adalah bagian utama dari punk. Kota itu ditutupi dengan nama sebagai 'De Zoot', 'Vendex' dan 'Dr Tikus'. [58] [59] Untuk mendokumentasikan grafiti majalah punk dimulai disebut Galeri Anus. Jadi, ketika hip hop datang ke Eropa pada awal 1980-an sudah ada adalah budaya grafiti yang bersemangat.
Protes mahasiswa dan pemogokan umum Mei 1968 Paris dihiasi melihat revolusioner, anarkis, dan situationist slogan seperti perasaan bosan L'est contre-Révolutionnaire ( "Kebosanan adalah kontrarevolusi") dan Lisez moins, vivez ditambah ( "Baca lebih sedikit, hidup lebih" ). Meskipun tidak lengkap, grafiti yang memberi rasa dan memberontak yang millenarian semangat, marah dengan banyak kecerdasan verbal, dari pemogok.
"Saya kira grafiti menulis adalah salah satu cara untuk mendefinisikan apa generasi kita adalah seperti. Maafkan perancis, kita bukan segerombolan seniman. Secara tradisional seniman telah dianggap lunak dan lembut orang, sedikit kooky. Mungkin kita sedikit lebih mirip bajak laut seperti itu. Kami mempertahankan wilayah kita, apa pun ruang yang kita mencuri untuk melukis, kita mati-matian mempertahankannya.
Perkembangan seni grafiti yang terjadi di galeri seni dan perguruan tinggi serta "di jalan" atau "bawah tanah", berkontribusi pada pelapisan kembali pada 1990-an yang jauh lebih terang-terangan bentuk seni politik di subvertising, budaya nge-jam atau media taktis gerakan. Gerakan atau gaya ini cenderung untuk mengelompokkan para seniman dengan hubungan mereka dengan mereka konteks sosial dan ekonomi, karena, di kebanyakan negara, seni grafiti tetap ilegal dalam berbagai bentuk, kecuali bila menggunakan cat non-permanen. Sejak 1990-an semakin banyak artis yang beralih ke cat non-permanen karena berbagai alasan-tapi terutama karena itu sulit bagi polisi untuk menangkap dan pengadilan untuk kalimat atau bahkan menghukum seseorang untuk protes yaitu sebagai sekilas dan kurang intrusif dari berbaris di jalan-jalan. Di beberapa komunitas, seperti karya-karya kekal bertahan lebih lama dari karya-karya yang dibuat dengan cat permanen karena pandangan masyarakat yang bekerja di jalur yang sama seperti yang dilakukan oleh pengunjuk rasa sipil yang berbaris di jalan-protes semacam itu adalah kekal tapi tetap efektif.
Di beberapa daerah di mana sejumlah artis berbagi kefanaan yang ideal, ada persaingan tumbuh informal. Artinya, lamanya waktu yang luput dari kehancuran suatu karya berkaitan dengan jumlah pekerjaan garners menghormati dalam masyarakat. Sebuah kasar sedikit pekerjaan yang layak selalu menghormati akan segera dihapus. Artis yang paling berbakat mungkin telah bekerja selama berhari-hari terakhir.
Seniman objek utamanya adalah untuk menegaskan kendali atas properti-dan tidak terutama untuk menciptakan sebuah karya seni ekspresif, politik atau tidak-menolak beralih ke cat kekal.
Kontemporer praktisi, sesuai, telah bervariasi dan sering bertentangan praktek. Beberapa individu, seperti Alexander Brener, telah menggunakan media untuk mempolitisir bentuk seni lain, dan telah menggunakan kalimat penjara dipaksa ke mereka sebagai sarana protes lebih lanjut.
Anonim praktek-praktek kelompok-kelompok dan individu juga sangat bervariasi, dan praktisi tidak berarti selalu setuju dengan setiap orang lain 'praktik. Anti-kapitalis kelompok seni Space pembajak, misalnya, tidak sepotong tahun 2004 tentang kontradiksi antara unsur-unsur kapitalistik Banksy dan menggunakan citra politik.
Di atas aspek politik grafiti sebagai sebuah gerakan, kelompok politik dan individu juga dapat menggunakan grafiti sebagai alat untuk menyebarkan sudut pandang mereka. Praktek ini, karena dengan melawan hukum, umumnya menjadi disukai oleh kelompok-kelompok yang dikecualikan dari arus utama politik (misalnya jauh-kiri atau kanan jauh-kelompok) yang membenarkan aktivitas mereka dengan menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki uang - atau kadang-kadang keinginan untuk membeli iklan untuk menyampaikan pesan mereka, dan bahwa "kelas penguasa" atau "pendirian" mengontrol arus utama pers, sistematis termasuk radikal / sudut pandang alternatif. Grafiti jenis ini bisa tampak kasar misalnya pendukung fasis sering tulisan Nazi swastika dan lain gambar.
Salah satu bentuk inovatif grafiti yang muncul di Inggris pada 1970-an disusun oleh Front Pembebasan Uang (MLF), pada dasarnya afiliasi yang longgar penulis pers bawah tanah seperti penyair dan dramawan Heathcote Williams dan editor majalah dan dramawan Jay Jeff Jones. Mereka memulai penggunaan mata uang kertas sebagai medium untuk kontra-propaganda, overprinting uang kertas, biasanya dengan mengatur John Bull pencetakan. Meskipun hidup pendek yang MLF adalah wakil dari London Ladbroke Grove berpusat alternatif dan komunitas sastra periode. Kawasan itu juga adegan yang cukup anti kemapanan dan humoris grafiti jalanan banyak yang juga diproduksi oleh Williams.
Kedua sisi konflik di Irlandia Utara menghasilkan grafiti politik. Seperti halnya slogan, Irlandia Utara grafiti politik termasuk lukisan dinding yang besar, yang disebut sebagai mural. Seiring dengan pengibaran bendera dan lukisan batu tepi jalan, mural melayani tujuan teritorial, sering dikaitkan dengan penggunaan geng. Seniman cat rumah mereka sebagian besar di Gables atau pada Perdamaian Lines, tembok-tembok tinggi yang memisahkan komunitas yang berbeda. Mural sering berkembang selama jangka dan cenderung untuk penyesuaian dgn mode, dengan simbolis yang kuat atau konten ikonografi. Loyalis mural sering merujuk kepada peristiwa-peristiwa sejarah yang berasal dari perang antara James II dan William III pada akhir abad ke-17, sedangkan mural Republik biasanya merujuk kepada masalah yang lebih baru.
Teritorial grafiti tanah berfungsi sebagai tanda untuk menampilkan tag dan logo yang membedakan kelompok-kelompok tertentu dari orang lain. Gambar-gambar ini dimaksudkan untuk menunjukkan orang luar yang keras yang lihat rumput adalah yang. Pokok grafiti terkait geng terdiri dari simbol-simbol samar dan inisial sangat bergaya dengan calligraphies unik. Anggota geng menggunakan grafiti untuk menunjuk keanggotaan seluruh geng, untuk membedakan rival dan rekan, dan yang paling umum, untuk menandai batas-batas yang keduanya teritorial dan ideologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar